Salah satu penyebabnya semakin menurunnya minat membaca siswa adalah tidak tersedianya buku bacaan yang memadai. Akibatnya, siswa di sekolah mengalami ketertinggalan pembelajaran atau learning loss yang berdampak pada rendahnya kemampuan literasi numerasi murid. Literasi numerasi tidak hanya dikaitkan dengan tulisan dan angka, tetapi juga mengukur kemampuan berpikir dan mengolah informasi, baik di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan permasalahan tersebut, melalui program Buku Bacaan Bermutu (3B), yang dibentuk oleh PDM-10 memiliki target untuk mewujudkan pemerataan dalam hal peningkatan literasi numerasi ke seluruh sekolah yang belum terindikasi mendapatkan perhatian oleh pemerintah dan mendapatkan peringkat satu atau sangat rendah pada aspek literasi numerasi, salah satunya adalah SMP Negeri XYZ, yang menjadi lokasi tugas penelitian penulis. Tugas Karya Akhir ini menggunakan metode otoetnografi untuk menghasilkan sebuah refleksi selama melakukan penelitian di sekolah sebagai peserta enumerator dalam program 3B. Tantangan, hambatan, dan bias dirasakan penulis, termasuk isu-isu kode etik selama mengikuti program tersebut sehingga pada prosesnya begitu banyak dilema yang dihadapi.
One of the causes of the decreasing interest in reading among students is the lack of adequate reading materials. As a result, students in schools experience learning loss, which impacts their literacy and numeracy skills. Literacy and numeracy are not only related to reading and numbers but also involve the ability to think critically and process information, both in school and in daily life. Based on this issue, through the Buku Bacaan Bermutu (3B) program formed by PDM-10, the aim is to achieve equity in improving literacy and numeracy across all schools that have not received sufficient attention from the government and are ranked very low or at the lowest level in literacy and numeracy. One such school is XYZ State Junior High School, which is the research site for the author’s study. This Final Project uses an autoethnographic method to reflect on the research conducted at the school as an enumerator participant in the 3B program. The author encountered challenges, obstacles, and biases, including ethical issues, throughout the program, leading to numerous dilemmas during the process.