UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Lagu Mars sebagai Strategi Sosialisasi Nilai-Nilai Perusahaan: Refleksi Magang di PT. United Tractors = The March song as A Socialization Strategy of Comapany Value: Reflection of Internship at PT. United Tractors

Gilar Agisna Suandi; Iman Fachruliansyah, supervisor; Sri Murni, examiner; Imam Ardhianto, examiner (Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Budaya organisasi memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan suatu perusahaan. Hal ini karena dalam budaya organisasi terdapat nilai-nilai yang mengatur bagaimana individu berperilaku dan bertindak sebagaimana mestinya selama menjadi bagian dari suatu organisasi. Budaya organisasi yang berisi nilai-nilai perusahaan, merupakan suatu hal yang dijunjung tinggi oleh perusahaan, akan terus disosialisasikan untuk memastikan nilai-nilai tersebut terjaga dan tertanam pada setiap anggota organisasi. Makalah ini merupakan bentuk refleksi pengalaman magang saya selama 5 bulan (Februari 2024-Juni 2024) sebagai karyawan magang divisi People Management di PT. United Tractors. Penulisan ini akan berfokus mengenai bagaimana strategi perusahaan dalam mensosialisasikan nilai-nilai perusahaannya, terutama melalui lagu mars perusahaan. Lagu mars yang berisi nilai-nilai, tujuan, dan cita-cita perusahaan, wajib dinyanyikan oleh seluruh anggota organisasi pada setiap acara. Lagu mars dapat menciptakan perasaan sense of belonging anggota kepada perusahaan, yang dibuktikan dengan timbulnya tanggung jawab bersama anggota akan kesuksesan perusahaan. Hasil akhir menunjukan bahwa strategi sosialisasi nilai-nilai perusahaan melalui lagu mars tidak berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan karena adanya beberapa anggota organisasi yang tidak mencerminkan perasaan sense of belonging, dibuktikan dengan beberapa anggota yang masih melakukan pelanggaran seperti tidak memiliki rasa tanggung jawab bersama terhadap kesuksesan perusahaan.

Organizational culture has a very important role in the success of a company.This is because in organizational culture there are values that regulate how individuals behave and act appropriately while being part of an organization. Organizational culture which contains company values, which is something that is upheld by the company, will continue to be socialized to ensure that these values are maintained and ingrained in every member of the organization. This paper is a reflection of my internship experience for 5 months (February 2024-June 2024) as an intern in the People Management division at PT. United Tractors. This writing will focus on how the company's strategies are carried out to socialize its values, especially through the company's march. The company march, which contains the company's values, goals, and aspirations, must be sung by all members of the organization at every event. The march can create a sense of belonging among members to the company, which is proven by the emergence of a shared responsibility for the company's success. The final result shows that the strategy of socializing the company's values through marching song did not work well. This is because there are several members of the organization who don't reflect a sense of belonging, as evidenced by some members who still violate responsibilities such as not having a shared sense of responsibility for the company's success.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Gilar Agisna Suandi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 52 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-24-03042870 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920545607
Cover