https://access.unram.ac.id/wp-content/

UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Junction Porosity: Kawasan Stasiun LRT Cibubur = Junction Porosity: Cibubur LRT Station Area

Thoat Fauzi; Evawani Ellisa, supervisor; Achmad Hery Fuad, supervisor; Sihombing, Antony, examiner; Olga Nauli Komala, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Tesis perancangan ini bertujuan menghasilkan model dan panduan rancang kota kawasan stasiun LRT dengan keterbatasan akses, yang penerapannya dapat diduplikasi pada konteks serupa. Pendekatan area area transit yang berbasis pada konsep Porosity terhadap kondisi eksisting struktur ruang kawasan berupa Junction digunakan dalam tesis perancangan ini. Pertanyaan Penelitian ini adalah bagaimana konsep perancangan yang memaksimalkan potensi Junction Porosity berkontribusi dalam perancangan kota dan pengembangan kawasan di Cibubur. Metode perancangan yang dipakai dalam penelitian perancangan ini adalah dengan pendekatan Evidence-Based Design yang dapat memberikan dimensi baru yang bersifat dinamis dan berfokus pada pengalaman manusia dalam interaksi dengan lingkungan perkotaan dengan melihat studi kasus preseden yang sudah ada. Pada akhirnya penelitian perancangan tesis ini dimaksudkan untuk  memperluas diskusi urban mengenai bahasan Junction Porosity yang dapat berkontribusi dalam menciptakan ruang-ruang kota yang lebih walkable, inklusif, adaptif, dan terhubung.

This design thesis aims to produce a model and urban design guidelines for LRT station areas with limited access, which can be replicated in similar contexts. The approach of transit-oriented area based on the concept of Porosity applied to the existing spatial structure of the area in the form of a Junction is used in this design thesis. The research question is how the design concept that maximizes the potential of Junction Porosity contributes to urban design and area development in Cibubur. The design method used in this research is the Evidence-Based Design approach, which can provide a new dynamic dimension and focuses on human experience in interaction with the urban environment by examining existing precedent case studies. Ultimately, this design thesis research aims to expand the urban discussion on the topic of Junction Porosity, which can contribute to creating more walkable, inclusive, adaptive, and connected urban spaces.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Thoat Fauzi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 60 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-24-18560747 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920545533
Cover