UI - Dokumentasi :: Kembali

UI - Dokumentasi :: Kembali

Penelitian korelasional konsumsi TikTok dengan orientasi perbandingan sosial dan persepsi harga diri = Correlational research of TikTok consumption with social comparison orientation and self-esteem

Syaifa Zahrani Kariza; Dini Rahma Bintari, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

TikTok sebagai aplikasi media sosial terkini memungkinkan kita memberikan pemahaman baru tentang media sosial dan kesejahteraan psikologis individu. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara penggunaan media sosial TikTok terhadap orientasi perbandingan sosial sekaligus tingkat harga diri para penggunanya. Terdiri dari 381 peserta convenience sampling (M= 29.0, SD = 14.0), penelitian ini juga menggunakan survei korelasional daring sebagai metode penelitian. Hasil penelitian ini menemukan bahwa TikTok berkorelasi positif dengan perbandingan sosial dan berkorelasi negatif dengan harga diri. Individu menjadikan TikTok sebagai sarana untuk membandingkan diri mereka sendiri dan cenderung memandang diri mereka sendiri lebih rendah. Untuk mengurangi dampak negatif terhadap kesejahteraan individu, pengguna TikTok disarankan untuk lebih berhati-hati saat membandingkan diri dan menjaga harga dirinya dalam pengunaan sosial media.

TikTok as the new social media application allows us to bring new understanding about social media and psychological well-being. This research explores the uses of TikTok as social media and its relationship to social comparison and self-esteem. Consisting of 381 convenience sampling participants (M= 29.0, SD = 14.0), this research uses online correlational surveys to conduct the study. This research found TikTok to be positively correlated with social comparison and negatively correlated with self-esteem. Individuals facilitated by TikTok to compare themselves and perceive themselves less. To reduce the negative impact of social media on individuals' well-being, TikTok users should be more mindful in comparing themselves protect themselves from the effects of using TikTok as a social media towards their self-esteem

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Syaifa Zahrani Kariza.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Dokumentasi
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
Physics17 pages
Typetext
Formatonline resource
Languageeng
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-24-61829145 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920544064
Cover