UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Menganalisis Konsumsi Audiens Terhadap Video Mukbang = Analysing Audience Video Consumption of Mukbang

Bonita Sekar Andini; Ressi Dwiana, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Artikel ini mengamati konsumsi penonton terhadap video Mukbang dan bagaimana pengaruhnya. Mukbang berasal dari kata “Meogneun” dari bahasa Korea yang artinya makan, dan “Bangsong” yang artinya siaran. Oleh karena itu, Mukbang mengacu pada aktivitas makan yang disiarkan secara online atau di platform video online. Belakangan ini, konten jenis ini kerap menempati trending list di platform media sosial, seperti YouTube, Instagram, TikTok, seiring dengan semakin populernya Mukbang. Meski konten Mukbang diproduksi untuk hiburan bagi penonton, beberapa risiko mengintai dari kebiasaan menonton video Mukbang. Aktivitas online tersebut diyakini dapat memicu individu untuk membentuk perilaku yang identik dengan kecanduan pola makan. Dampak negatif lainnya juga tercermin dari kecenderungan gangguan makan akibat makan di luar kebiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penonton menggunakan video Mukbang untuk memenuhi kebutuhan mereka berdasarkan teori uses and gratification oleh Katz dan Blumler. Artikel ini juga ingin menganalisis dampak terpaan video Mukbang terhadap penontonnya. Juga, dengan menunjukkan peningkatan pesat obesitas di negara tertentu karena konsumsi Video Mukbang. Menggunakan Diagram Uses and Gratification untuk membantu menganalisis konsumsi Video Mukbang dan kebutuhan spesifik penontonnya. Menonton Mukbang, aktivitas terkait YouTube yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, telah menjadi subjek penelitian empiris, menyimpulkan bahwa YouTube memiliki potensi implikasi negatif bagi penonton yang menonton Video Mukbang menggunakan Youtube sebagai platform mereka.

This article highlights the audience's consumption of Mukbang videos and how they have an impact. Mukbang comes from the words "Meogneun" from Korea, which means eating, and "Bangsong", which means broadcast. Therefore, Mukbang refers to eating activities broadcast online or on online video platforms. In recent times, this type of content often occupies trending lists on social media platforms, such as YouTube, Instagram, TikTok, along with the increasing popularity of Mukbang. Although Mukbang content is produced for entertainment for the audience, some risks lurk from the habit of watching Mukbang videos. Such online activities are believed to trigger individuals to form behaviours identical to addiction patterns. Another negative impact is also reflected in the tendency of eating disorders due to eating habits outside the habit. This study aims to highlight how audiences use Mukbang videos to meet their needs based on the uses and gratification theory by Katz and Blumler. This article also wants to analyse the impact of exposure to Mukbang videos on the audience. Also, by showing the rapidly increasing obesity in a particular country because of the consumption of Mukbang Videos. Using the Uses and Gratification Diagram to help analyse the consumption of Mukbang Videos and its specific audience needs. Mukbang Watching, a YouTube-related activity that has increased in popularity in recent years, has been the subject of empirical research, concluding that YouTube has potential for negative implications for viewers who watch Mukbang Videos using Youtube as their platform.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Bonita Sekar Andini.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : v, 24 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-24-974359560 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920535616
Cover