Penelitian ini menelaah pengaruh tipe manfaat produk serta preferensi terhadap
willingness to pay untuk produk etikal. Model juga mencakup variabel sikap,
kriteria evaluasio produk, dan faktor demografis. Penelitian yang dilakukan terdiri
dari dua studi.Studi pertama dilakukan untuk meneliti hubungan kausal antara tipe
manfaat produk dan preferensi.Studi kedua dilakukan untuk mempelajadi
bagaimana tipe manfaat produk dan preferensi mempengaruhi model willingness
to pay.Hasil penelitian gagal menemukan pengaruh signifikan tipe manfaat
produk terhadap preferensi namun berhasil membuktikan pentingnya peranan
preferensi dalam model willingness to pay.
The research examines the influence of product type benefit and preference onwillingness to pay for ethical product. The model also includes attitudinalvariables, product evaluation criterion, and demographic factors. The researchconsists of two studies. The first is to study the causal relationship betweenproduct type benefit and preference. The second is to investigate how producttype benefit and preference affect willingness to pay model.The results failed tofind significant effect of product type benefit on preference but succeed to showthe important role of preference in the willingness to pay model.