Pelayanan kefarmasian merupakan pelayanan mengenai sediaan farmasi yang diberikan dari apoteker kepada pasien untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Dalam memberikan pelayanan kefarmasian harus berpedoman pada standar pelayanan kefarmasian yang menentukan kuliatas mutu pelayanan. Mutu pelayanan ditentukan dari empat aspek, yaitu waktu tunggu, teknis pelatanan, tata cara operasional, dan proses pelayanan. Alur pelayanan dapat mempengaruhi mutu pelayanan karena berkaitan dengan waktu tunggu. Tujuan laporan ini adalah untuk mengevaluasi alur pelayanan kefarmasian di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Universitas Indonesia untuk meningkatkan pencapaian target waktu tunggu rawat jalan. Metode yang digunakan dalam pembuatan laporan ini adalah studi literatur dan wawancara. Kesimpulan yang diperoleh adalah upaya yang dapat dilakukan untuk menurunkan waktu tunggu di instalas farmasi rawat jalan RSUI adalah dengan melakukan perbaikan terhadap alur pelayanan resep dan menydiakan satu personel yang memantau ketersediaan obat di instalasi farmasi rawat jalan RSUI.
Pharmaceutical services are services regarding pharmaceutical preparations provided by pharmacists to patients to improve the patient's quality of life. In providing pharmaceutical services, you must be guided by pharmaceutical service standards which determine the quality of service. Service quality is determined from four aspects, namely waiting time, technical training, operational procedures and service processes. Service flow can affect service quality because it is related to waiting time. The aim of this report is to evaluate the flow of pharmaceutical services in the outpatient installation of the University of Indonesia Hospital to increase the achievement of outpatient waiting time targets. The method used in making this report is literature study and interviews. The conclusion obtained is that efforts that can be made to reduce waiting times at the RSUI outpatient pharmacy installation are by making improvements to the prescription service flow and providing one personnel who monitors the availability of drugs at the RSUI outpatient pharmacy installation