BAGIAN I
Analisis Situasi
Musik hampir tidak bisa lagi dipisahkan dari gaya hidup
kaum muda, teknologi internet membuat industri musik
semakin berkembang. Indonesia minim media musik, padahal
musik Indonesia beragam. Oleh karena itu Indonesia butuh
media musik baru.
BAGIAN II
Manfaat dan
Tujuan
Pengembangan
Prototype
Manfaat Bagi Khalayak:
Khalayak memperoleh informasi musik baru
Membantu khalayak mengapresiasi musik
Memberikan edukasi musik
Manfaat bagi penerbit:
Menjadi institusi yang memiliki peranan mengedukasi
masyrakat
Membuat citra musik di Indonesia lebih baik
Mendapat keuntungan dari pihak pengiklan
Tujuan:
Memenuhi kebutuhan pembaca
Membantu pembaca mengapresiasi musik
Membuka wawasan
Mencari keuntungan
BAGIAN III
Prototype Yang
Dikembangkan
Majalah digital Reprise adalah majalah yang memberikan
edukasi musik untuk kalangan anak muda dan dewasa muda
yang fokus membahas musik-musik baru. Reprise ditujukan
untuk pembaca usia 18-30 tahun SES A dan B yang tertarik di
dunia musik. Majalah ini terbit setiap bulan
BAGIAN IV
Evaluasi
Evaluasi diadakan per edisi dan per tahun. Evaluasi per edisi
melibatkan seluruh karyawan setiap bulan. Evaluasi per tahun
diadakan setahun sekali dengan melakukan survey dan FGD.
BAGIAN V
Anggaran
Total Investasi Awal = Rp 259.953.900
Total Pengeluaran Per Bulan = Rp 116.290.300
Total Pengeluaran Tahun Pertama = Rp 1.479.483.000
Total Pengeluaran Tahun Kedua = Rp 1.632.931.960
Target Pendapatan Tahun Pertama = Rp 1.365.000.000
Target Pendapatan Tahun Kedua = Rp 1.802.000.000
BEP akan dicapai di tahun kedua
PART ISituationAnalysisMusic can never be parted from youth lifestyle, internettechnology made the music industry grow bigger. Indonesiahas few music media,whereas Indonesia has many differentmusic genres. Therefore, Indonesia needs new music media.PART IIBenefits andGoalsBenefits for Audience:Audiences get new music informationHelping the audiences to appreciate music moreGiving music educationBenefits for Publisher:Becoing an institution that has the role to educate the societyTo make Indonesian music image betterTo get the benefit from advertisersGoals:To fulfill the reader needsHelping the reader appreciate musicTo get insightTo get benefitsPART IIIDevelopedPrototypeReprise digital music magazine is a magazine that gives musiceducation to young adult that focuses in discussing new music.Reprise’s target audience is reader whose age is between therange of 18-30, SES A and B who is interested in music. Thismagazine is published every month.PART IVEvaluationEvaluation is executed each edition and each year. Per editionevaluation involve all staffs each month. Per year evaluationheld once a year with survey and FGD.PART VBudgetingInitial Investment = Rp 259.953.900Monthly Expenditures Total = Rp 116.290.300First Year Expenditures Total Rp 1.479.483.000Second Year Expenditures Total = Rp 1.632.931.960First Year Revenue Target = Rp 1.365.000.000Second Year Revenue Target = Rp 1.802.000.000BEP is assumed should be contained in the second year