Penelitian ini membahas perilaku pencarian informasi Generasi Z mengenai perencanaan
keuangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku pencarian informasi yang dilakukan
oleh Generasi Z mengenai perencanaan keuangan dan hambatan yang dialami oleh Generasi Z
dalam pencarian informasi perencanaan keuangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebar hingga tercapai jumlah 142
orang responden Generasi Z dari berbagai karakteristik sebagai sampel penelitian dalam rentang
waktu 05 Mei 2023 hingga 15 Mei 2023. Data penelitian ini dianalisis persentase Tingkat Capaian
Responden (TCR) menggunakan rumus “Master Scale”. Hasil temuan pada penelitian ini
menunjukkan bahwa Generasi Z memiliki kesadaran dan harapan yang cukup tinggi bahwa
perencanaan keuangan sehingga menstimulus mereka untuk mencari kebutuhan informasi.
Namun, kesulitan dalam memahami istilah perencanaan keuangan dan informasi yang beredar
terlalu banyak sehingga sulit untuk diproses menjadi faktor penghambat. Di sisi lain faktor efikasi
diri pada activating mechanism memiliki peran terhadap kemampuan Generasi Z sehingga mereka
berhasil mengaplikasikan dan membuat perencanaan keuangan. Sedangkan, intervening variabel
mendorong mereka untuk memutuskan mencari informasi perencanaan keuangan. Penggunaan
media digital menjadi pilihan utama karena akses yang mudah. Selain itu, Generasi Z mampu
menyeleksi dan memproses informasi berdasarkan pengetahuan akan keuangan, pendapat, dan
keyakinan yang mereka miliki. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Generasi Z mampu
mengidentifikasi kebutuhan informasi hingga mengaplikasikan informasi perencanaan keuangan
sesuai dengan yang dimodelkan oleh Niedźwiedzka. Intervening variabel dan activating
mechanism memiliki peran dalam proses pencarian informasi perencanaan keuangan.
This research discusses the information seeking behavior of Generation Z on financial planning.The purpose of this study is to determine the information seeking behavior of Generation Zregarding financial planning and the barriers experienced by Generation Z in the search forfinancial planning information. This research uses quantitative methods with data collectiontechniques through questionnaires distributed to reach a total of 142 Generation Z respondentsfrom various characteristics as research samples within the time span of May 05, 2023 to May15, 2023. This research data was analyzed by the percentage of Respondent Achievement Rate(TCR) using "Master Scale". The findings of this study indicate that Generation Z has a fairlyhigh awareness and expectation that financial planning can provide welfare, thus stimulatingthem to identify information needs. However, difficulties in understanding financial planningterms and too much information circulating that is difficult to process are inhibiting factors. Onthe other hand, the self-efficacy factor in the activating mechanism has a role in Generation Z'sability so that they can successfully apply and make financial planning. Meanwhile, interveningvariables encourage them to decide to look for financial planning information. The use of digitalmedia is the main choice due to easy access. In addition, Generation Z is able to select andprocess information based on their financial knowledge, opinions and beliefs. The conclusion ofthis study is that Generation Z is able to identify information needs and apply financial planninginformation as modeled by Niedźwiedzka. Intervening variables and activating mechanisms havea role in the process of searching for financial planning information.