UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Pemetaan kajian antropologi pendidikan formal di Indonesia (2018-2022) = Mapping anthropological studies of formal education in Indonesia (2018-2022)

Rifki Naufal; Salfia Rahmawati, supervisor; Irfan Nugraha, examiner; Sri Murni, examiner (Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Tulisan ini berupaya untuk menjelajahi ragam analisis budaya dalam pendidikan formal di Indonesia. Fokus terhadap kajian antropologi pendidikan ditujukan untuk menggambarkan relevansi teoritis maupun metodologis yang ada di antara kedua kajian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi pustaka berbasis anotasi bibliografi yang dilakukan secara daring. Cakupan data yang ditelaah merupakan karya tulis ilmiah yang diterbitkan dari tahun 2018 hingga tahun 2022 dan berfokus pada proses pembelajaran pendidikan formal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kajian antropologi pendidikan di Indonesia memiliki keragaman ruang analisis menarik, seperti relasi pendidikan dengan pembangunan, gender, linguistik, budaya perkotaan dan pengetahuan lokal. Pergerakan ruang analisis tersebut didasarkan pada karakteristik masyarakat Indonesia tingkat keberagamannya yang tinggi. Temuan penelitian ini menggambarkan penawaran-penawaran yang diberikan oleh kajian antropologi pendidikan terhadap kajian antropologi maupun kajian pendidikan.

This paper seeks to explore the variety of cultural analysis in formal education in Indonesia. The focus on educational anthropology is aimed to illustrate the theoretical and methodological relevance that exists between the two studies. The method used in this research is an online literature study based on bibliographic annotation. The scope of the data analyzed consists of scientific papers published from 2018 to 2022 and focuses on the learning process of formal education. The results of this study show that the development of educational anthropology in Indonesia has a variety of interesting analytical spaces, such as the relationship between education and development, gender, linguistics, environment, art, urban culture and local knowledge. Such dynamic analysis is driven by the characteristics of Indonesian society, which has a high level of diversity, The findings of this study illustrate the contributions of educational anthropology studies to both anthropology and education studies.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Rifki Naufal.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vii, 35 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-23-87068666 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920524057
Cover