Hingga saat ini, inovasi di Asia masih merupakan subjek yang belum menjadi perhatian utama banyak pihak. Namun demikian, banyak perubahan telah dan sedang terjadi di Asia dan inovasi akan menjadi mesin utama penggerak pertumbuhan ekonomi di wilayah ini. Pertanyaannya, bagaimana manajemen inovasi di negara-negara Asia Tenggara; bagaimana manajemen inovasi pada perusahaan-perusahaan di Asia Tenggara? Bagaimana Indonesia mengejar ketertinggalannya? Dalam konteks ini, satu-satunya cara untuk terus hidup dan makmur di pasar adalah dengan melakukan inovasi. Tulisan ini menunjukkan konteks manajemen inovasi di Asia dan faktor yang mempengaruhi implementasi manajemen inovasi di wilayah ini. Penulis menunjukkan faktoryang menghambat implementasi inovasi dan faktor organisasional yang memfasilitasi pelaksanaan salah satu prinsip manajemen inovasi, serta bagaimana integrasi organisasi dapat berefek langsung terhadap kinerja inovasi. Tulisan yang dikembangkan dari hasil studi De Meyer & Garg (2005) dan studi eksplorasi penulis diakhiri dengan kesimpulan tantangan dan peluang manajemen inovasi di Asia dan skenario riset lanjutannya.