Pekerjaan kontruksi jalur rel kereta api merupakan hal yang umum terdapat di
negara berkembang ataupun negara maju di seluruh dunia. Jalur Kereta Api dibangun
sebagai sarana tranportasi masal untuk menunjang konektivitas antar tempat. Pekerjaan konstruksi Jalur Kereta Api merupakan proyek yang cukup kompleks. Didalamnya terdapat banyak aktivitas pekerjaan yang dapat terganggu akibat terjadinya kecelakaan konstruksi. kecelakaan konstruksi yang terjadi dapat merugikan proyek. Dalam pelaksanaan konstruksi Jalur Kereta Api tidak jarang terjadinya kecelakaan konstruksi yang berdampak terhadap orang, harta benda, keselamatan umum, dan lingkungan.
Sehingga diperlukan identifikasi dan analisis potensi bahaya secara dini untuk mencegah terjadinya kecelakaan konstruksi tersebut. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan safety plan untuk konstruksi Jalur Kereta Api dengan mengidentifikasi potensi bahaya yang mungkin terjadi pada tiap paket pekerjaan dengan meninjau metode kerja, aktivitas pekerjaan, dan sumber daya berbasis WBS konstruksi Jalur Kereta Api yang sudah terstandarisasi dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Penelitian ini diharapkan menghasilkan sumber-sumber risiko K3 yang memiliki potensi bahaya tertinggi pada pekerjaan konstruksi Jalur Kereta Api dan safety plan yang sudah dikembangkan ini dengan mempertimbangkan sumber risiko K3 yang didapatkan berdasarkan WBS Jalur Kereta Api.
Railway construction works are common in developing or developed countriesthroughout the world. The railway was built as a means of mass transportation to supportconnectivity between places. Railway construction work is a fairly complex project.There are work activities that can be disrupted due to construction accidents. In itsconstruction, it is not uncommon for construction accidents to occur that affect people,property, public safety and the environment. So that, it is necessary to identify and analyzepotential hazards early to prevent these construction accidents. This study aims to developa safety plan for railway construction by identifying potential hazards that may occur ineach work package by reviewing work methods, work activities, and WBS-basedresources for railway construction that have been standardized using a qualitativeapproach. This research is expected to produce safety risk sources that have the highestpotential hazards in the railway construction works and safety plan had been developedbased on the safety risk sources obtained from the WBS for railway project.