Pemberhentian operasional maskapai akibat COVID-19 menyebabkan munculnya biaya tambahan
sehingga maskapai kesulitan menanggapi permohonan refund. Penelitian pada skripsi ini
dilakukan untuk menguji apakah menaikkan harga dan mengurangi refund dapat dianggap adil
sebagai upaya melindungi laba. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk melihat pengaruh
cara menginformasikan kenaikan harga dan mengurangi refund menggunakan rupiah
dibandingkan dengan persentase terhadap persepsi keadilan. Akhirnya penelitian ini juga
dilakukan untuk melihat pengaruh persepsi keadilan pada intensi membeli kembali. Eksperimen
menggunakan empat versi vignette dilakukan pada 83 mahasiswa S1 Universitas Indonesia yang
pernah membeli tiket pesawat dalam negeri sejak tahun 2019. Uji hipotesis yang dilakukan
menunjukkan bahwa menaikkan harga dan mengurangi refund dianggap adil sebagai upaya
melindungi laba. Kemudian, pada transaksi tidak adil, frekuensi intensi membeli kembali lebih
rendah. Tetapi, penggunaan rupiah dan persentase tidak berpengaruh pada persepsi keadilan.
The restriction for airlines to operate because of COVID-19 has caused an increase in operationalcosts, causing them a hard time to fulfill refund requests. This research aims to know whetherincreasing prices and reducing refunds are considered fair as a way of protecting profit. Moreover,this research also aims to overview the effect of informing price increase and reducing refundusing nominal versus percentage on fairness perception. Lastly, this research also aims to see theeffect of fairness perception on repurchase intention. Experiments using four versions of vignetteswere carried out on 83 bachelor students from Universitas Indonesia who had purchased a localflight ticket since 2019. Hypotheses testing with Chi-square: Test for Goodness of Fit shows thatincreasing price and reducing refunds are both perceived as fair to protect profit. Then, ontransactions that were considered unfair, the frequency of repurchase intention is lower. But thefindings show that there is no effect of using nominal or percentage on fairness perception.