Virtual hotel operator merupakan salah satu tren yang sedang berkembang di
Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Dua penyebab utamanya adalah semakin maraknya “budget travelling” dan adanya insentif dari pemerintah pusat untuk mempromosikan industri pariwisata. Namun, kajian yang membahas mengenai virtual
hotel operator sendiri masih jarang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menjelaskan hubungan antara customer brand engagement dengan attitudinal loyalty dan
behavioral loyalty dari pelanggan dalam penggunaan virtual hotel operator di Indonesia.
Penelitian ini diuji secara empiris dengan menggunakan PLS-SEM dengan sampel
sebanyak 133 responden yang menggunakan hotel yang dioperasikan oleh virtual hotel
operator di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sensory experience
berpengaruh positif terhadap customer brand engagement dengan merek virtual hotel
operator. Selanjutnya, affectice experience secara positif mempengaruhi affective dan
behavioral engagement, sedangkan intellectual experience secara positif mempengaruhi
cognitive dan affective engagement. Demikian pula, customer brand engagement
ditemukan efektif dalam meningkatkan loyalitas, setidaknya pada tingkat attitudinal.
Selain itu, attitudinal loyalty berpengaruh positif terhadap behavioral loyalty pada virtual
hotel operator. Temuan dari studi ini dapat memberikan panduan kepada akademisi dan
manajer untuk meningkatkan keterlibatan dan loyalitas pelanggan terhadap merek virtual
hotel operator.
Virtual hotel operators have a growing trend in Indonesia during recent years.Two of its main causes is the rise of “budget travelling” and the incentive by the centralgovernment to promote tourism industry. Unfortunately, the study of virtual hoteloperator itself is still uncommon. The purpose of this study is to explain relationshipbetween the customer brand engagement with attitudinal loyalty and behavioral loyaltyfrom customers in the usage of virtual hotel operators in Indonesia. This research wastested empirically by using PLS-SEM with a sample of 133 respondents, who used hotelsoperated by virtual hotel operators in Indonesia. The results of this study indicate thatsensory experience positively influences customer brand engagement with the virtualhotel operator brand. Furthermore, affective experience positively affects affective andbehavioral engagements, whereas intellectual experience positively influences cognitiveand affective engagement. Likewise, customer brand engagement can be effective in increasing loyalty, at least on attitudinal level. In addition, attitudinal loyalty positively influences behavioral loyalty on virtual hotel operator. The findings of this study can provide academicians and managers a guide to improve customer engagement and loyaltytoward a virtual hotel operator’s brand.