Platform digital, termasuk aplikasi mobile, mempunyai peran penting dalam gig
economy, yaitu sebagai media gig worker dalam berinteraksi dengan penyedia layanan
tenaga kerja. Aplikasi mobile berbasis gig economy semakin diminati masyarakat.
Peningkatan jumlah pengguna mengakibatkan meningkatnya jumlah unduhan dan ulasan
yang diberikan. Namun, semakin banyak ulasan menyulitkan pengembang dalam
memahami informasi yang terdapat dalam ulasan. Selain itu, satu ulasan dapat memiliki
berbagai informasi. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini mengusulkan model
yang dapat mengkategorikan konten dan sentimen ulasan menggunakan teknik
pembelajaran mesin. Algoritme Support Vector Machine (SVM), Multinomial Naïve
Bayes, Complement Naïve Bayes, Binary Relevance, Classifier Chain, dan Label power
set digunakan pada penelitian ini. Hasil dari penelitian didapatkan algoritme SVM
sebagai algoritme terbaik, baik pada klasifikasi sentimen ulasan maupun kategorisasi
ulasan.
Digital platforms, including mobile applications, have an important role in gig economy,as a gig worker platform in interacting with labor service providers. Gig economy basedmobile applications are increasingly in demand by the public. An increase in the numberof users results in an increase in the number of downloads and reviews provided.However, the number of reviews makes it difficult for developers to understand theinformation contained in reviews. In addition, one review can have a variety ofinformation. To overcome this problem, this study proposes a model that can categorizecontent and sentiment reviews using machine learning techniques. Support VectorMachine (SVM), Multinomial Naïve Bayes, Complement Naïve Bayes, BinaryRelevance, Classifier Chain, and Label power sets were used in this study. The results ofthe study obtained the SVM algorithm as the best algorithm, both in the classification ofsentiment reviews and review categorization.