Perkembangan teknologi saat ini memicu masyarakat untuk menggunakan platform ecommerce
sebagai penyedia transaksi. Hal ini berdampak pada peningkatan bisnis jasa
kurir servis untuk pengiriman barang. Sebelumnya telah dilakukan penelitan mengenai
pengiriman dengan menggunakan kendaraan homogen tanpa pengelompokan dengan
jumlah pengiriman < 1.500 per hari. Oleh karena itu, diperlukan optimalisasi rute
pengiriman serta jenis kendaraan heterogen yang melayani > 1.500 kiriman perhari
melalui jasa kurir dengan menggunakan VRP berdasarkan konsep kendaraan heterogen
untuk meminimalkan rute kendaraan. Penelitain ini menggunakan metode cluster KMeans
untuk mengklasifikasikan customer, meminimalkan jarak pengiriman dan
mempersingkat waktu komputasi. Pendekatan berbasis Genetic Algorithm (GA)
diterapkan dengan menggunakan kriteria banyak generasi yang ingin dicapai dan
perbedaan tingkat efisiensi antar generasi untuk mendapatkan hasil optimasi rute. Hasil
Penelitan ini menunjukan bahwa dengan dengan GA dan cluster per jenis kendaraan
heterogen berdasarkan pengelompokan area dengan jumlah > 1500 customer yang dibagi
menjadi 4 cluster pada jenis kendaraan mobil, 2 cluster pada jenis kendaraan motor, dan
2 cluster pada jenis kendaraan truck didapatkan rute optimal dengan jarak 8.99453 KM
dengan total 34 rute
Current technological developments triggered people to use e-commerce platforms asproviders of transactions. This has an impact on increasing the courier service businessfor delivery of goods. Previously, research had been carried out on shipments usinghomogeneous vehicles without grouping with a number of shipments <1.500 per day.Therefore, it is necessary to optimize delivery routes as well as heterogeneous vehicletypes serving > 1.500 shipments per day via courier services using VRP based onheterogeneous vehicle concept to minimize vehicle routes. This research uses the KMeanscluster method to classify customers, minimize delivery distances and shortencomputation time. Genetic Algorithm (GA) based approach is applied by using the criteriaof many generations to be achieved and differences in efficiency levels betweengenerations to obtain route optimization results. The results of this research show thatwith GA and clusters per heterogeneous vehicle type based on area grouping with anumber of > 1.500 customers which are divided into 4 clusters on the type of car, 2clusterson the type of motor cycle, and 2 clusters on the type of truck, the optimal route is obtained8,99453 KM with total of 34 routes