Bagian sayap depan mobil adalah salah satu elemen aerodinamis yang memberikan dampak
signifikan karena pengaruhnya terhadap aliran udara di seluruh bagian badan mobil karena
sayap depan mobil merupakan bagian pertama yang bersentuhan dengan udara. Sayap depan
mobil juga memengaruhi aliran udara pada saluran rem, radiator dan diffuser, dan main engine
intake. Lokasinya sebagai elemen aerodinamis yang terkena fluida terlebih dahulu menjadi
sangat penting karena produksi downforce oleh sayap depan juga akan memberikan dampakdampak
lain kepada komponen lain sampai di belakang. Dengan dasar ini, penulis ingin melihat
perkembangan aspek aerodinamis yang dipengaruhi oleh sayap depan pada tahun 2018 dan
2019. Penelitian ini dibantu oleh perangkat luna berupa auto desk inventor untuk mendesain
sayap depan dan CFD untuk menyimulasikan sisi aerodinamis pada sayap depan yang telah
didesain. Berdasarkan hasil analisis yang telah dibuat oleh penulis, dapat disimpulkan bahwa
desain sayap depan tahun 2019 berhasil memberikan down force yang lebih besar dibandingkan
dengan sayap depan tahun 2018 sebesar 35%, down coefficient sebesar 10%, penurunan drag
coefficient sebesar 4%, dengan adanya kenaikan pada nilai drag force sebesar 16% pada bagian
sayap depan. Hal ini dikarenakan bentuk sayap depan 2018 memiliki cascade yang
mengarahkan fluida untuk menjauh dari ban dengan tujuan mengurangi drag force.
The front wing of the car is the only aerodynamic element that has a significant impact becauseof its effect on air flow throughout the body of the car and because the front wing of the car isthe first part that comes into contact with air. The front wing of the car also affects the air flowin the brake lines, radiator and diffuser, and the main engine intake. Its location as anaerodynamic element that is exposed to the fluid first becomes very important because theproduction of downforce by the front wing will also have other impacts on other componentsdownstream. With this basis, the author wants to see the development of aerodynamic aspectsthat are influenced by the front wing in 2018 and 2019. This research is assisted by a softwaretool in the form of an auto desk inventor to design the front wing and CFD to simulate theaerodynamic side of the designed front wing. Based on the results of the analysis made by theauthor, it can be concluded that the front wing design in 2019 succeeded in providing a downforce greater than the 2018 front wing by 35%, down coefficient by 10%, decrease in dragcoefficient by 4%, with an increase at a drag force value of 16% on the front wing. This isbecause the shape of the front wing 2018 has a cascade that directs the fluid to move awayfrom the tire in order to reduce drag force.