Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan parameter dinamik berupa periode
getar, mode getar, dan rasio redaman struktur. Parameter dinamik didapatkan dengan
melakukan analisis modal secara teoritis dan eksperimen untuk selanjutnya
dibandingkan. Dalam penelitian ini, model struktur yang akan menjadi objek penelitian
adalah Gedung laboratorium DTS FTUI yang merupakan gedung empat lantai dengan
struktur beton yang terletak di Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Struktur
bangunan dimodelkan tiga dimensi dengan menggunakan program ETABS 17. Hasil
dari pemodelan adalah berupa periode getar dan mode getar secara teoritis. Selanjutnya
parameter dinamik secara eksperimen dilakukan dengan melakukan tes vibrasi berupa
forced vibration test menggunakan alat eccentric mass shaker. Untuk mencatat respon
struktur, ditempatkan accelerometer dan vibrometer. Hasil dari eksperimen dapat
mengidentifikasi respon struktur Laboratorium DTS FTUI untuk 3 mode getar. Hasil
yang diperoleh dari eksperimen menghasilkan simpangan rata-rata 6,4% jika
dibandingkan dengan hasil modelisasi. Rasio redaman struktur yang diperoleh dari hasil
eksperimen adalah sekitar 5,1%.
This study aims to obtain dynamic parameters consisting of the vibration period,vibration mode, and the damping ratio of the structure. Dynamic parameters areobtained by doing modal analysis theoretically and experimentally. The object inthis study is Laboratorium DTS FTUI Building, a four-story building with aconcrete structure located at the Faculty of Engineering, University of Indonesia.The structure was modeled in three dimensions using ETABS 17 program toobtain natural period and vibration mode theoretically. Vibration test was thenperformed into a forced vibration test using an eccentric mass shaker. Theresponse of structure measured using accelerometer and vibrometer. The results ofthe experiment is able to identify 3 modes of the structure. The results obtainedfrom the experiment produced an average deviation of 6.4% compared with the theoretical results. The structural damping ratio obtained from the experimental results is around 5.1%.