Mitra pengemudi adalah jenis pekerjaan lama (ojek), namun dengan keberadaan aplikasi berbasis teknologi informasi, pekerjaan ini berubah menjadi jenis pekerjaan baru (ojek online). Sejumlah penelitian terdahulu terkait mitra pengemudi sebagian besar berfokus pada aspek ekonomi dan teknologi, namun belum banyak membahas terkait modal sosial dan subjective well-being. Dalam penelitian ini, tingkat modal sosial berupa norma, jaringan dan kepercayaan akan dilihat hubungannya dengan tingkat subjective well-being mitra pengemudi. Mitra pengemudi dari aplikasi Gojek kemudian dipilih sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan menggunakan survei kepada 208 mitra pengemudi Gojek di Jabodetabek serta dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara tingkat modal sosial yang dimiliki dengan tingkat subjective well-being mitra pengemudi Gojek. Modal sosial berupa norma, jaringan, dan kepercayaan memiliki hubungan signifikan yang berkorelasi positif dengan tingkat subjective well-being mitra pengemudi Gojek. Korelasi positif ini menunjukkan semakin tinggi tingkat modal sosial yang dimiliki, maka semakin tinggi pula tingkat subjective well-beingmitra pengemudi Gojek. Lebih lanjut, hasil penelitian ini menemukan identitas sebagai ojek online memiliki dampak terhadap tingkat jaringan sosial, kepercayaan, dan norma mitra pengemudi.
Ojek driver is an old type occupation that with digital based application become a new type of occupation called ojek online. Some of previous studies about ojek online mostly focused on economic and technological aspects, but hasn't been much discussion about social capital and subjective well-being. In this study, social capital measured based on norms, trust and networks are used to explain driver's subjective well-being level. Drivers from Gojek brand is picked as our research subject. This study using data on 208 respondents that collected by survey to Gojek's Driver in Jabodetabek using purposive sampling method. The results of bivariate analyses show that driver's social capital is possitive correlated with their subjective well-being. This is confirms this study proposition, that higher level of social capital imply higher level of driver's subjective well-being. Among the results, this study found that the identity as an ojek online give impact to driver's networks, trust and norms.