Latar belakang: Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan salah satu indikator yang
digunakan untuk mengukur status kesehatan ibu pada suatu wilayah. Asuhan antenatal
merupakan salah satu pilar utama safe motherhood untuk menuju kesehatan ibu yang
berkualitas. Melalui kerjasama Kemenkes perbaikan kualitas pelayanan asuhan antenatal
di Indonesia melalui penyusunan Instrumen Umpan Balik Untuk Pengumpulan Data
Kualitas Pelayanan Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir.
Tujuan: Diketahuinya data kualitas pelayanan asuhan antenatal di RSCM dengan
menggunakan Instrumen Umpan Balik Pengumpulan Data Kualitas Pelayanan Kesehatan
Ibu dan Bayi sehingga dapat dilakukan optimalitasi dan perbaikan terhadap komponenkomponen
terkait.
Metode: Rancangan penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif yang
menganalisis data kualitas pelayanan asuhan antenatal di RSCM. Penelitian ini akan
berlangsung pada bulan September pada fasilitas pelayanan asuhan antenatal di RSCM.
Sampel penelitian ini menggunakan total sampling. Rancangan penelitian ini
menggunakan desain deskriptif kualitatif yang menganalisis data kualitas pelayanan
asuhan antenatal di RSCM. Penelitian ini akan berlangsung pada bulan September pada
fasilitas pelayanan asuhan antenatal di RSCM. Sampel penelitian ini menggunakan total
sampling.
Hasil: Penelitian dilakukan selama 1 bulan dengan cara melakukan observasi fasilitas
pelayanan, observasi dan wawancara petugas kesehatan, evaluasi rekam medik serta
wawancara pada pasien pelayanan asuhan antenatal di RSCM dari sarana fisik dan
kelengkapan medis mencakup 45 dari 66 butir (72 %), obat-obatan dan bahan medis 68
dari 71 butir (97%), Pemerikaan laboratorium 36 dari 36 butir (100%), kualitas pengisian
buku KIA serta rekam medis rata-rata 54 %, kualitas penerimaan informasi dan persepsi
pasien menyatakan puas terhadap pelayanan di RSCM.
Kesimpulan: Kualitas pengisian buku KIA dan kelengkapan rekam medis di RSCM
menurut Instrumen Umpan Balik Untuk Pengumpulan Data Kualitas Pelayanan
Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir masih sangat kurang. Persepsi ibu hamil yang
diwawancara pada penelitian ini menunjukkan persepsi yang puas terhadap pelayanan
dan kualitas pelayanan asuhan antenatal di RSCM. Temuan yang tidak sesuai standar
sebagian karena ketidak sesuaian standar instrumen tersebut dengan standar RSCM
sebagai rumah sakit rujukan tipe A.
Backgrounds : Maternal Mortality Rate (MMR) is one indicator used to measurematernal health status in an area. Antenatal care is one of the main pillars of safemotherhood to achieve quality maternal health. Through the collaboration of the Ministryof Health to improve the quality of antenatal care services in Indonesia through thepreparation of a Feedback Instrument for Collecting Data on the Quality of Maternal andNewborn Health Services.Aim : Knowing the quality of antenatal care service data at the RSCM by using theFeedback Instrument Quality Data Collection of Maternal and Infant Health Services sothat it can be optimized and improved on related components.Method : The design of this study uses a qualitative descriptive design that analyzes dataon the quality of antenatal care services at RSCM. This study will take place in Septemberat the antenatal care facility at RSCM. This study sample uses total sampling.Result : The study was conducted for 1 month by observing service facilities, observingand interviewing health workers, evaluating medical records and interviewing patientswith antenatal care services at RSCM from physical facilities and medical equipmentincluding 45 out of 66 items (72%), medicines and medical materials 68 out of 71 items(97%), laboratory examination 36 out of 36 items (100%), quality of KIA book fillingand medical records an average of 54%, the quality of information reception and patientperceptions expressed satisfaction with the service at RSCM.Conclusion: The quality of filling KIA books and the completeness of medical recordsat RSCM according to the Feedback Instrument for Data Collection of Quality of HealthServices for Mothers and Newborns is still very poor. The perception of pregnant womeninterviewed in this study shows a satisfying perception of the service and quality ofantenatal care services at RSCM. The findings that are not in accordance with the standardare partly due to the incompatibility of the instrument standards with the RSCM standardas a type A referral hospital.