Pencapaian Tiongkok sebagai kekuatan baru dalam perekonomian dunia tidak lepas dari
keberhasilan pelaksanaan kebijakan pendidikan. Pendidikan adalah hal fundamental yang
sangat penting dalam perkembangan suatu negara. Semakin baik sistem pendidikan yang
diterapkan, semakin baik pula sumber daya manusia yang dihasilkan. Tiongkok perlu
sistem pendidikan yang baik dan kokoh untuk menghadapi tantangan dunia internasional
di abad 21. Pada era kontemporer pasca-Mao Zedong, pemerintah Tiongkok telah
melakukan banyak reformasi dalam bidang pendidikan, khususnya pada tingkat
pendidikan tinggi. Pada era Deng Xiaoping, pendidikan dipandang sebagai alat yang
penting untuk mencapai modernisasi ekonomi. Proyek 211 dan Proyek 985 dicetuskan
pada era kepemimpinan Jiang Zemin. Kedua proyek tersebut merupakan pelopor
pesatnya perkembangan pendidikan tinggi di Tiongkok. Hal ini disebabkan Proyek 211
dan Proyek 985 bertujuan untuk menjadikan perguruan tinggi di Tiongkok sebagai
Universitas Kelas Dunia. Kedua proyek ini merupakan salah satu faktor kunci yang
berhasil mengantarkan beberapa perguruan tinggi Tiongkok meraih posisi dalam
pemeringkatan 100 besar universitas terbaik dunia dan menyamai kedudukan berbagai
universitas bergengsi dunia. Tugas akhir ini menggunakan pendekatan historis untuk
menjelaskan dan menganalisis proses Proyek 211 dan Proyek 985, prestasi yang dicapai
oleh universitas 211 dan 985, serta pengaruh Proyek 211 dan Proyek 985 dalam
meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Tiongkok.
The achievement of the Peoples Republic of China as a new power in the economicworld cannot be separated from the successful implementation of its education policy.Education is a fundamental thing that is very important in the development of a country.The better the education system which it implements, the better the human resources itwill produce. China needs a stable and solid education system to face global obstacles inthe 21st century. In the post-Mao Zedong contemporary era, the Chinese government hadcarried out many reforms for education, especially in higher education. In DengXiaopings reign, education was seen as an important device to achieve economicmodernization. The 211 and 985 Projects were initiated in Jiang Zemins reign. Bothprojects are the pioneers for the rapid development of higher education in China. This isdue to the 211 and 985 Projects goal to transform universities in China to be World ClassUniversity. These projects are one of the keys that successfully led several universities inChina to gain someplace in the top 100 rankings of the world's best universities. ThoseChina universities also can be compared with various prestigious universities in the world.The research of this final project carried out through the historical approach to explainand analyze the processes of Project 211 and Project 985, achievements that have beenachieved by 211 and 985 universities, and the impact of the 211 Project and 985 Projectin developing the quality of higher education in China.