Keluarga memiliki peran dan fungsi dalam memproduksi kapital sosial. Perubahan struktur keluarga akan menghilangkan kapital sosial, hal ini dikarenakan ketidakhadiran orang tua yang berkerja diluar rumah. Jika kapital manusia yang dimiliki orang tua kebanyaakan dihabiskan di tempat kerja dan di tempat lain di luar rumah, maka keluarga tidak mampu berperan dalam memproduksi kapital sosial yang dibutuhkan anak dalam pencapaian prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur sosial ekonomi keluarga dan kapital sosial dengan prestasi belajar anak. Alat analisis yang digunakan adalah regresi logistik, karena variabel dependen (Y) dalam penelitian ini bersifat biner yang terdiri atas dua (2) kategori yaitu 0 dan1. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis logistik menunjukan bahwa secara simultan menunjukan variabel struktur sosial ekonomi keluarga dan kapital sosial dapat menjelaskan variabel prestasi belajar sebesar 30,6 % sedangkan 69,4% faktor lain yang menjelaskan variabel prestasi belajar. Hasil uji odds ratio menunjukan bahwa siswa yang memiliki struktur sosial ekonomi keluarga tinggi memiliki peluang untuk mendapatkan prestasi belajar tinggi sebesar 1,942 - 16,981 kali dibandingkan dengan siswa yang memiliki struktur sosial ekonomi keluarga rendah. Siswa yang memiliki kapital sosial keluarga tinggi memiliki peluang untuk mendapatkan prestasi belajar tinggi sebesar 2,239 - 38,846 kali dibanding siswa yang memiliki kapital sosial keluarga rendah.
The family has a role and function in producing social capital. Changes in family structure will eliminate social capital, this is due to the absence of parents who work outside the home. If the human capital of the parents is spent mostly in the workplace and elsewhere outside the home, the family is unable to play a role in producing the social capital that the child needs in achieving its learning achievements. This study aims to examine the influence of socio-economic structure of family and social capital with the children's learning achievement. The analytical tool used is logistic regression, because the dependent variable (Y) in this study is binary consisting of two (2) categories of 0 and 1. Result of research based on result of logistic analysis show that simultaneously show variable of social economic structure of family and social capital can explain variable of achievement learn equal to 30,6% while 69,4% other factor explain variable of learning achievement. The result of odds ratio test shows that students who have high socio-economic structure of family have opportunity to get high learning achievement equal to 1,942 - 16,981 times compare with student having low socioeconomic family structure. Students who have high family social capital have the opportunity to obtain high learning achievement of 2,239-38,846 times compared to students who have low family social capital.