ABSTRAKSampah dan perilaku littering merupakan permasalahan bagi hampir seluruh negara. Permasalahan perilaku menyampah dipercaya sebagai pertanda polusi lingkungan yang paling terlihat. Hampir seluruh permasalahan sampah di dunia berawal dari perilaku membuang sampah sembarangan yang dilakukan oleh warga maupun industri. Salah satu bagian dari perilaku littering yang belum banyak dibahas dan diintervensi adalah perilaku table-littering, yaitu perilaku menyampah yang terjadi ketika pelanggan meninggalkan makanan atau bahan yang terkait makanan tersebut di meja tempat pelanggan tersebut makan. Pada makalah ini, intervensi dilakukan di kantin-kantin fakultas Universitas Indonesia dengan pemberian bussing station, tanda himbauan dengan pesan empati, atau keduanya. Hasil menunjukkan bahwa ketiga jenis intervensi berhasil mengurangi dengan signifikan perilaku table-littering, dengan efektivitas pemberian bersamaan bussing station dan pesan empati menduduki angka tertinggi.
ABSTRACTLitter and littering are problems to almost all state. Littering behavior problem is believed as most visible environmental pollution signs. Almost all litter problem in the world starts from littering behavior by the citizens or industries. One of littering behavior that is not commonly discussed and intervened is table littering behavior, which means littering behavior that occurs when patrons leave food or beverage related material on the table surface where it was consumed. In this paper, intervention was held at faculty cafeterias in University of Indonesia, using bussing station, visual prompts with empathy appeal messages, or both. Results show that these three intervention success to decrease table littering behavior rate significantly, with intervention using both bussing station and visual prompts at the most.