Pengaruh Lingkungan Eksternal dan Lingkungan Internal Terh&dap Keunggulan Bersaing Pada Industri Kecil dan Menengah di Bandung, Jawa Barat
Pengusaha IKM perlu melakukan pemahaman terhadap lingkungan eksternal. Adanya perubahan dan persaingan yang dinamis dalam suatu industri dapat menemukan peluang yang disesuaikan dengan kemampuan perusahaan. Selain itu analisa lingkungan eksternal dapat membantu pengusaha menentukan kebutuhan dan keinginan pasar. Sebaliknya analisa lingkungan internal memperlihatkan apa yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh lingkungan eksternal dan internal terhadap keunggulan bersaing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, yakni deskriptif dan eksplanatori survey. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 140 pengusaha IKM di Bandung, Jawa Barat, yang ditentukan dengan teknik sampel yaitu proporsional cluster random sampling. Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan statistika multivariate dengan alat uji Partial Least Square (PLS). Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan program smartPLS 2.0 dan SPSS versi window. Hasil penelitian menunjukkan lingkungan eksternal dan lingkungan internal berpengaruh terhadap keunggulan bersaing IKM secara simultan.