ABSTRAKLaporan magang ini membahas mengenai perlakuan akuntansi atas akun diskon, voucher belanja, dan program loyalitas pelanggan di PT OFF yang merupakan sebuah perusahaan retail perlengkapan rumah tangga dan gaya hidup. Pembahasan dalam laporan magang ini mencakup perlakuan akuntansi yang diterapkan oleh PT OFF, atas akun diskon, voucher belanja, dan program loyalitas pelanggan serta kesesuain perlakuan akuntansi tersebut terhadap Pernyataan Standar Akuntansi Keungan PSAK 23 dan Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan ISAK 10. Berdasarkan hasil analisis atas perlakuan akuntansi PT OFF, perlakuan akuntansi atas akun diskon, voucher belanja dan program loyalitas pelanggan telah sesuai dengan aturan di PSAK 23 dan ISAK 10. Akan tetapi terdapat ketidaksesuaian pada perlakuan akuntansi yang diterapkan oleh PT OFF, yaitu dalam hal pengklasifikasian pendapatan yang didapatkan dari poin pelanggan yang hangus.
ABSTRACTThis internship report discusses the accounting treatment for discount, voucher, and customer loyalty program of PT OFF, a giant retailer company for household and life style tools. The discussion covers the accounting treatment for discount, voucher and customer loyalty program in PT OFF. The analysis results showed that almost every accounting treatment in PT OFF complies with the Indonesia Financial Accounting Standar, both PSAK 23 and ISAK 10. But there is an incongruity in accounting treatment for classification of income obtained from outdated customer point.