This study aims to analyze factors in the acceptance and success of the
implementation of SPAN for those who have direct access to it (licensed
users) at the Treasury Office (KPPN) using an integrated model. The
samples are 160 licensed users in 15 KPPN in Central Java. The
technical analysis used in this research is Partial Least Square (PLS)
using software SmartPLS version 3.2.3. Based on the result, it was found
that social factors and facilitating conditions have positive and
significant effects on user attitudes. In addition, user attitudes also have
positive and significant effects on user satisfaction. Meanwhile, other
variables, such as performance expectations, effort expectations,
information quality and systems quality, have no effect on user attitude
in using SPAN.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi penerimaan dan kesuksesan penerapan SPAN bagi
para pengguna yang memiliki hak akses (licenced user) SPAN di KPPN
dengan menggunakan model integrasi (integrated model).
Pengambilan sampel menggunakan metode area sampling dengan
sampel yang terdiri dari licenced user pada KPPN lingkup Jawa
Tengah (15 KPPN) sebanyak 160 responden. Teknis analisis yang
digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan pengolahan data
menggunakan perangkat lunak SmartPLS Versi 3.2.3. Berdasarkan
hasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa pengaruh sosial dan
kondisi yang memfasilitasi, berpengaruh positif dan signifikan
terhadap sikap pada penggunaan. Sikap pada penggunaan juga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna.
Sedangkan variabel lain, meliputi ekspektasi kinerja, ekspektasi
usaha, kualitas informasi, dan kualitas sistem tidak berpengaruh
terhadap sikap pada penggunaan SPAN.