ABSTRAKPenelitian ini menganalisis pengaruh latar belakang pendidikan terhadap kinerja auditor sistem informasi akuntansi. Auditor sistem informasi umumnya berasal dari tiga latar belakang pendidikan yang berbeda, yaitu sistem informasi, teknologi informasi, atau akuntansi. Penelitian menggunakan sampel 71 orang auditor sistem informasi akuntansi yang bekerja di perusahaan KAP XYZ tahun 2016. Dengan menggunakan regresi linier berganda penelitian ini menemukan tidak ada pengaruh latar belakang pendidikan terhadap kinerja auditor sistem informasi akuntansi, atau perbedaan latar belakang pendidikan tidak berpengaruh terhadap perbedaan kinerja auditor sistem informasi akuntansi. Penelitian ini juga menemukan bahwa pelatihan dan umur, variabel kontrol dalam penelitian ini, berpengaruh positif terhadap kinerja auditor sistem informasi akuntansi.
ABSTRACTThis study analysizes the effect of educational background on the performance of auditor of accounting information systems. Accounting information system auditors generally came from information systems, information technology, or accounting educational backgrounds. This research took sample of 71 auditors of accounting information systems who work at the public accounting firm XYZ in 2016. By using multiple linear regression, this research finds that there is no effect of educational background towards accounting information system auditor rsquo s performance, or different educational background brings no effect to different auditor rsquo s performance. This research also finds that training and age, control variables in this research, have positive effect on the performance of accounting information system auditors.