ABSTRAKBahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang paling diminati di dunia,
ditandai dengan terus meningkatnya jumlah pelajar bahasa Jepang serta
permintaan di berbagai sektor yang membutuhkan kemampuan berbahasa Jepang.
Untuk dapat menguasai suatu bahasa asing, diperlukan usaha-usaha belajar yang
didukung oleh motivasi. Skripsi ini berusaha mencari serta menjelaskan
komponen-komponen yang membentuk serta faktor-faktor yang dapat memicu
motivasi seseorang dalam mempelajari bahasa Jepang. Penelitian berupa
penelitian kualitatif yang datanya diperoleh melalui studi kepustakaan serta hasil
kuisioner. Analisis dari skripsi berfokus pada komponen-komponen pembentuk
motivasi belajar bahasa Jepang mahasiswa asing yang mengikuti program bahasa
Jepang di Universitas Nanzan periode 2015 ? 2016.
ABSTRACTThe increasing number of the Japanese learners and high demand in many sectors
that requires Japanese communication skill make Japanese one of the most
favorable languages in the world. To be able to learn and master a foreign
language, one must put extra efforts along the learning process supported by
motivation. This thesis tries to discover and explain the components that construct
the Japanese learning motivation in individuals. The research used qualitative
research method which data was collected from literature studies and
questionnaire. The analysis of this thesis is focused on the components that
construct the Japanese learning motivation identified among the international
students who enrolled in the Japanese language program in Nanzan University
during 2015-2016 period.