ABSTRAKPenelitian ini dilakukan dengan rancangan kasus kontrol antara variabel dependen
yaitu penggunaan AKDR dan variabel independen yaitu faktor predisposisi antara
lain umur, pendidikan, jumlah anak, lama nikah, pengetahuan, sikap. Faktor
pemungki yaitu biaya pemakaian kontrasepsi, pengalaman efek samping akseptor.
Faktor penguat yaitu dukungan suami, peran media massa dan kunjungan petugas
keluarga berencana. Jumlah sampel penelitian 144, 48 pengguna AKDR sebagai
kasus dan 96 pemakai kontrasepsi non AKDR sebagai kontrol. Pengambilan data
dilakukan dengan kuisioner pada Maret-Mei 2011. Data dianalisis secara univariat
dan bivariat dengan uji t test untuk sikap, uji kolmogorov smirnov untuk lama
nikah, pengetahuan dan biaya kontrasepsi dan chi square untuk variabel yang lain.
Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan bermakna antara umur,
pendidikan, pengetahuan, sikap, biaya KB dan peran peran media massa dengan
penggunaan AKDR. Untuk itu diharapkan ditingkatkannya penyuluhan agar
terjadi juga peningkatan pengetahuan klien tentang AKDR dan terjadi
peningkatan cakupan panggunaan kontrasepsi AKDR.
ABSTRACTThe research was conducted with case-control design between the dependent
variable is the using of IUDs and the independent variables are predisposing
factors include age, education, number of children, length of marriage,
knowledge, attitudes. Enabling factor is the cost of contraceptive use, experience
side effects acceptor. Reinforcing factors the husband's support, the role of mass
media and visits to family planning officials. The number of 144 samples, as the
case of 48 IUD users and 96 non-IUD contraceptive users as controls. Data were
collected with a questionnaire in March to May 2011. Data were analyzed with
univariate and bivariate t test independent for the attitude test, Kolmogorov
Smirnov test for a long marriage, and the cost and knowledge of contraceptive and
chi square for the other variables. The results of bivariate analysis indicate that
there is a significant relationship between age, education, knowledge, attitudes,
the cost of family planning and the role of mass media role with IUD use. For that
expected for increased outreach to occur also increases the client's knowledge
about the IUD and an increase in coverage of contraceptive IUD.