Pembukaan kelas merupakan salah satu bagian terpenting pada institusi pendidikan disaat awal
pembelajaran yang akan dimulai. Dalam melakukan pembukaan kelas harus didukung dengan analisa
data yang kuantitatif dengan hasil yang terukur sehingga menghasilkan jumlah kelas yang akurat. Pada
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah pembukaan kelas diperiode berikutnya dengan cara
meramalkan, dimana metode peramalan yang digunakan adalah metode regresi linear. Di dalam metode
regresi ini menggambarkan hubungan antara paling tidak satu/lebih variabel bebas (independent
variable) dan satu variabel bergantung (dependent variable) dengan tujuan untuk meramalkan nilai
variabel bergantung dalam hubungan dengan nilai variabel bebas tertentu. Penelitian ini menggunakan
periode waktu sebagai variabel bergantung dan data jumlah mahasiswa default serta mahasiswa yang
kemungkinan mengulang dan yang belum mengambil sebagai variabel bebasnya. Data yang digunakan
adalah data history pada 3 tahun yang lalu. Dengan mengimplementasikan regresi linear kedalam sistem
pembukaan kelas ini memberikan kemudahan dalam melakukan perhitungan serta mengurangi terjadinya
drop kelas.