ABSTRAKMicro, Small, and Medium Enterprises (SMEs) have a very big role and significant
impact to the economy of Indonesia due to its innovation and competition in many
sectors. SMEs outnumber large companies by a wide margin and even able to employ
more people. Hence, it is considered important to do some research with an aim to
determine current performance and analyzes factors that influence the empowerment
of SMEs as well as providing strategic development programs to be applied,
specifically in Jabodetabek Area. This thesis discusses the business development at one
of the SMEs located in Depok, Def Krea, which attempts to find the best possible
strategy while running its business. Def Krea is one of the micro enterprises that
specialized in art & craft and handmade goods. To do so, the business model of SMEs
need to be realigned in order to apply the action plan through transition/ exit strategy
ABSTRACTUsaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran yang besar dan
memberikan dampak yang cukup signifikan kepada ekonomi Indonesia melalui inovasi
dan kompetisi di berbagai sektor. UMKM mampu melampaui perusahaan-perusahaan
besar dengan keuntungan yang cukup besar dan bahkan mampu mempekerjakan lebih
banyak orang. Oleh karena itu, penting adanya untuk melakukan penelitian dengan
tujuan untuk mengetahui performa terkini dan menganalisi faktor-faktor yang
mempengaruhi pemberdayaan UMKN dan menerapkan program pengembangan yang
strategis, khususnya di area Jabodetabek. Adapun tesis ini berbicara mengenai
pekembangan bisnis dari salah satu UMKM di Depok, Def Krea, yang berusaha untuk
mencari strategi terbaik untuk diterapkan di menjalani bisnis pada saat ini. Def Krea
adalah salah satu usaha mikro yang memiliki keahlian di bidang art & craft dan juga
barang-barang buatan tangan. Pada prosesnya, bisnis model dari UMKM ini perlu
penataan kembali untuk menerapkan rencana kerja yang sudah dibuat melalui transisi/
trasition strategy.