ABSTRAKHigiene respirasi belum optimal diterapkan perawat sebagai salah satu
kewaspadaan standar untuk mencegah dan mengendalikan infeksi yang
ditransmisikan melalui droplet dan airbone. Penelitian bertujuan unuk
mengidentifikasi efektivitas antara intervensi A (Pelatihan, poster, dan supervisi) dan intervensi B (Poster) dalam meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan perawat menerapkan higiene respirasi di RS Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto. Desain penelitian quasi eksperiment pre post test with control group. Sampel menggunakan teknik consecutive sampling dengan 32 perawat pada kelompok intervensi A dan 32 perawat pada kelompok intervensi B. Hasil
penelitian menunjukkan terjadi peningkatan yang bermakna rerata pengetahuan dan kepatuhan perawat dalam menerapkan higiene respirasi pada kelompok intervensi A (p<0,05) dan kelompok intervensi B (p<0,05). Intervensi pelatihan, poster, dan supervisi lebih efektif dibandingkan intervensi poster (p<0,05) Penelitian ini merekomendasikan pelatihan PPI terjadwal, penggunaan video, film pendek, dan supervisi model reflektif kepala ruang sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan perawat dalam menerapkan higiene respirasi sebagai bagian dari pengendalian infeksi di rumah sakit.
ABSTRACTNurse?s respiratory hygiene applied as one standard precautions to prevent and control infection that is transmitted through droplet and airborne is not optimal. Research aims to transform and identify the effectiveness of the intervention A (Training, posters, and supervision) and intervention B (Poster) in improving the nurse?s knowledge and complience applying respiratory hygiene in Presidential Indonesian Army Central Hospital Gatot Soebroto. Study design was quasi experimental pre-post test with control group. Samples using consecutive sampling technique with 32 nurses in the intervention group A and 32 nurses in the intervention group B. The results showed a significant increase in the average nurse's knowledge and compliance in applying respiratory hygiene in the intervention group A (p<0.05) and the intervention group B (p<0.05). Intervention training, posters, and supervision is more effective than only posters intervention (p<0.05). The study recommends scheduled infection control training, the use of videos, short films, and reflective supervision model for head nurse as an effort to improve nurse?s the knowledge and compliance implementing respiratory hygiene in hospitals.