ABSTRAKFaktor-faktor yang Mempengaruhi Intensi Pemilihan Karir di Bidang Akuntansi.
Skripsi ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi intensi
mahasiswa akuntansi untuk mengejar karir di bidang akuntansi. Faktor-faktor
tersebut adalah hasil pekerjaan akuntansi, perilaku etis akuntan, perasaan terhadap
profesi akuntansi, pengetahuan akuntansi, dan self-efficacy di bidang akuntansi.
Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini merupakan faktor yang
mewakili 3 determinan yang membentuk perilaku seseorang menurut Theory of
Planned Behavior (TPB). Sejumlah 103 responden yang berpartisipasi dalam
penelitian ini merupakan mahasiswa akuntansi tingkat akhir FEB UI. Dengan
menggunakan metode Partial Least Square?Structural Equation Modeling (PLS?
SEM), dan dengan bantuan software SmartPLS 3.2.4, hasil yang diperoleh
menunjukkan bahwa variabel hasil pekerjaan, perasaan terhadap profesi dan selfefficacy
merupakan variabel yang berpengaruh positif signifikan terhadap intensi
mahasiswa mengejar karir di bidang akuntansi. Sedangkan variabel perilaku etis
akuntan mempengaruhi intensi mahasiswa secara negatif. Kemudian variabel
pengetahuan akuntansi tidak mempengaruhi intensi mahasiswa secara langsung,
melainkan pengaruhnya di mediasi oleh variabel self-efficacy
ABSTRACTThis research investigates factors that influence student?s intention to pursue
accounting career. The factors are accounting job outcomes, accountant?s ethical
behavior, feelings about accounting profession, accounting knowledge, and selfefficacy.
These factors being used is considered as a representative of the three
antecedents of intentions in the Theory of Planned Behavior. 103 respondents that
have participated in this research is a final year accounting students in FEB UI.
Using Partial Least Square?Structural Equation Modeling (PLS?SEM) as research
method, and with aid from SmartPLS ver. 3.2.4 software, the result of this
research is as follows. Accounting job outcomes, feelings about accounting
profession, and self-efficacy are founded as factors that have positive significant
influence towards students intention to pursue accounting career. In contrary,
students perception of accountants? ethical behavior have negative significant
influence towards students intention to pursue accounting career. Finally,
accounting knowledge?s influence towards students intention were fully mediated
by self-efficacy.