ABSTRAKSeiring dengan meningkatnya persaingan dalam sektor industri pariwisata,
destinasi-destinasi pariwisata pun semakin ditantang untuk menciptakan sebuah
branding destinasi yang kuat. Penelitian tugas akhir ini berfokus image merek
Jepang yang terdapat dalam tiga value Jepang yang dipromosikan oleh Visit Japan
Campaign (VJC) yang membentuk positioning Jepang dalam pasar pariwisata
global, yang relevan dengan peningkatan wisatawan mancanegara Jepang pada
periode tiga tahun terakhir. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif
untuk mendeskripsikan image merek Jepang dari 12 video PR bertemakan tiga
value Jepang dalam website www.visitjapan.jp. Image yang telah didiskripsikan,
kemudian akan dihubungkan dengan tren pasar pariwisata global untuk
menganalisis positioning yang diciptakannya dalam pasar, yang memberikan
dampak pada peningkatan wisatawan mancanegara ke Jepang secara signifikan
dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2015.
ABSTRACTAs the tourism industry becomes more and more competitive sector in the
marketplace, the tourism destinations also become more challenged to create a
powerful destination branding. This final assignment focused on the brand image
of Japan in the Japan?s three values promoted by Visit Japan Campaign (VJC) that
create Japan?s positioning in the tourism global market, which relevance in the
increasing overseas tourists to Japan. This research use descriptive analysis
method to describe brand image of Japan in the 12 themed ?Japan?s three values?
PR videos in the www.visitjapan.jp website. The described images, then will be
linked to the global tourism market trends to analyze the positioning it created in
the market, which bring impact to the significant increased of overseas tourists to
Japan in 2013 to 2015 periode;;