ABSTRAKMobilitas sirkuler terjadi karena adanya perbedaan desa ? kota, penduduk
pedesaan sebagian besar bekerja pada sektor pertanian sedangkan penduduk kota
sebagian besar bekerja pada sektor industri dan jasa. Sebagai kota yang baru
memisahkan diri dari Kabupaten Tangerang, pada saat ini sektor industri dan jasa
juga sedang berkembang pesat di Kota Tangerang Selatan, terbukti dengan
banyaknya pekerjaan konstruksi yang sedang berlangsung. Penelitian ini bertujuan
untuk: 1. Meninjau pola mobilitas sirkuler pekerja bangunan berdasarkan frekuensi
kepulangan migran ke daerah asal juga sebaliknya, 2. Meninjau hubungan antara
antara karakteristik migran, kepemilikan, pendapatan, jarak juga alat transportasi
terhadap frekuensi kepulangan migran ke daerah asal. Dengan menggunakan
sampel acak proporsional pada setiap lokasi pekerjaan konstruksi dan dengan
menggunakan kuesioner serta wawancara mendalam diperoleh hasil sebagai
berikut: 1. Migran yang berstatus sudah menikah dan berusia dewasa awal lebih
sering melakukan putaran ulang mobilitas. Pergerakan migran lebih disebabkan
oleh kuatnya daya tarik daerah tujuan, mobilitas terjadi seiring dengan kemajuan
teknologi. 2. Jarak dan alat transportasi berpengaruh signifikan terhadap putaran
ulang mobilitas pekerja bangunan.
ABSTRACTCircular mobility occurred due to differences in rural - city, the majority of
rural population work on the agricultural sector while the majority of city
population work in the industrial and service sectors .As a new city that developed
separately from tangerang, at the moment, the industrial and services sectors are
developing rapidly in south tangerang, as many ongoing construction works.This
study attempts to: 1.Reviewing the spatial pattern of circular mobility of
construction workers based on the frequency of circular migration, 2.Reviewing the
relationship between characteristics of migrant, the ownership, income, the
distance as well as transportation modes with circular migration frequency of the
migrants. Using random samplimg and deep interview in every location of
construction, the results showed that: 1. Migratns aged mature early and married
more often do mobility. The movement of migrants more caused by the strenghth of
the appeal of the destination area, the mobility of going along with the advancement
of technology., 2. Distance and transportation mode used possess significant
influences to the circular migration of construction workers.