ABSTRAKSeberapa besar tingkat keterlibatan seseorang dalam aktivitas sosial media
perusahaan sangat mempengaruhi persepsinya terhadap reputasi perusahaan tersebut,
yang implikasinya berujung pada timbulnya keinginan untuk membeli yang lebih
tinggi dari orang tersebut terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari intensitas penggunaan media
seseorang terhadap keterlibatannya dengan sosial media perusahaan, baik dalam
konteks kognisi ataupun perilaku. Desain penelitian merupakan konklusif deskriptif
dan cross-sectional, disebarkan ke 370 responden dengan metode convinience
sampling dan snowball. Data diolah dengan menggunakan metode Structural
Equation Modelling. Hasil penelitian menunjukan bahwa cognitive dan behavior
engagement in company?s social media memiliki pengaruh positif terhadap
pembentukan perception of corporate reputation, dan perception of corporate
reputation memberikan pengaruh positif terhadap purchase intention. Namun pada
penelitian ini tidak ditemukan pengaruh positif antara intensitas penggunaan sosial
media terhadap cognitive dan behavior engagement in company?s social media.
ABSTRACTThe degree of involvement in company?s social media intensely affecting the
perception of corporate reputation, which led to the result higher purchase intention
for the product that company?s offered. This research aims to understand the effect of
intensity of social media use towards to company?s social media, both in the context
of cognition or behavior. This research design is a conclusive-descriptive and crosssectional,
distributed to 370 respondent with convinience sampling and snowball
method. The data was processed using Structural Equation Modelling. The result
show that cognitive and behavior engagement in company?s social media has a
positive impact toward the establishment of perception of corporate reputation, and
perception of corporate reputation has a positive impact toward purchase intention.
However, on this research, intensity of social media doesn?t have a positive impact
toward cognitive and behavior engagement in company?s social media.