ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai perbedaan
persepsi diri terhadap tingkah laku menyontek pada kelompok siswa kelas 12
berdasarkan kecenderungan orientasi tujuan berprestasi. Pengukuran persepsi
siswa terhadap tingkah laku menyontek menggunakan alat ukur berupa kuesioner
atau self-report yang dimodifikasi dari beberapa alat ukur (Anderman, Grissinger,
dan Westerfield 1998; Bolin, 2004; deLambret dkk.; 2003; Lambret dkk., 2003).
Pengukuran orientasi tujuan berprestasi siswa menggunakan alat ukur Patterns of
Adaptive Learning Scale (PALS) yang dikembangkan oleh Midgley dkk. (2000).
Responden penelitian ini berjumlah 88 siswa kelas 12 SMA yang berasal dari
berbagai sekolah yang berbeda-beda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
tidak terdapat perbedaan persepsi diri terhadap tingkah laku menyontek pada
kelompok siswa berdasarkan kecenderungan orientasi tujuan berprestasi. Skor
persepsi diri terhadap tingkah laku menyontek yang rendah terdapat pada
kelompok siswa dengan kecenderungan orientasi tujuan mastery. Di sisi lain,
kelompok dengan orientasi tujuan performance memiliki persespsi diri terhadap
tingkah laku menyontek yang tinggi. Hasil penelitian sudah sejalan dengan teori
orientasi tujuan berprestasi yang menyatakan bahwa siswa dengan kecenderungan
orientasi tujuan mastery akan cenderung tidak menyontek.
ABSTRACT This study was conducted to get an idea of the difference of self-perception
towards academic cheating behavior in 12th grade student groups based on
achievement goal orientation tendency. The measurement of self-perception
towards academic cheating using self-report questionnaire that has modified
from some measurement (Anderman, Grissinger, and Westerfield 1998; Bolin,
2004; deLambret et al .; 2003; Lambret dkk., 2003). Student achievement of
goal orientation were measured by Patterns of Adaptive Learning Scales
(PALS) which developed by Midgley etc. (2000). This respondents were 88
high school students in 12th grade from several different schools. The results
showed that there was no difference of mean of self-perception towards
academic cheating on 12th grade group based on achievement goal orientation
tendency. Mean of self-perception towards academic cheating are the lowest in
the group of students with performance goal orientation tendencies. In the Other
hand, group of student with mastery goal orientation tendencies have a high
mean of self-perception towards academic cheating. The results has been
consistent with the achievement goal orientation theory which states that
students with mastery goal orientation tendencies will not tend to cheat.