ABSTRAKMall tidak lagi menjadi suatu yang asing di mata masyrakat terutama yang tinggal di daerah perkotaan. Mall yang dapat bertahan sampai sekarang adalah yang dapat memenuhi keinginan dan ekspektasi dari para pengunjungnya. Salah satu faktor yang dapat membangun penilaian mall yang positif adalah suasana dari mall itu sendiri, namun penilaian akan suasana di dalam mall dapat dipandang berbeda
oleh konsumen remaja dan dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh mall atmosphere terhadap mall evaluation melalui functional congruity dan self congruity dari konsumen remaja dan dewasa. Data hasil penelitian menunjukkan bawa mall atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap functional congruity dan self congruity yang tentunya juga berdampak pada penilaian yang positif terhadap mall tersebut, namun ditemukan juga bahwa tidak
ada perbedaan yang signifikan
ABSTRACTMall is not a new thing in the eyes of society, especially for those who lives in urban areas. Mall that can survive untill now is the one thant can fulfill the needs and expectations of the visitors. One of the factors that can build a mall positive evaluation is the atmosphere of the mall itself, but the evaluation of the atmosphere in the mall can be perceived differently by teenagers and adults shopper. The purpose of this research is to analyze the effect of the mall atmosphere on mall evaluation through functional evaluation and self congruity of teenager and adult consumers. The result of this research shows that mall
atmosphere positively and significantly affect functional congruity and self congruity which would also result in a positive evaluation to the mall, but it was also found that there was no significant difference between teenager and adult consumers in making the evaluation.