[Pond‟s Men merupakan produk perawatan kulit yang pada April 2014
meluncurkan kampanye komunikasi pemasaran “Recharge Bangsamu” yang
menjadikan nasionalisme sebagai daya tarik iklannya. Kampanye tersebut
diterapkan dengan strategi Integrated Marketing Communication (IMC) dan
menggunakan periklanan di media konvensional dan internet. Konsep pemahaman
dan penerapannya pada strategi IMC menjadi landasan untuk melihat pemahaman
khalayak aktif mengenai nasionalisme terkait konsumsi pesan pada iklan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus dan
dianalisis dengan teknik tipe ideal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
pemahaman khalayak mengenai nasionalisme dipahami sedikit berbeda, namun
mereka memiliki a sense of belonging sebagai bentuk rasa kebangsaan., Pond's Men is a skin care product which in April 2014 launched "Recharge
Bangsamu," a marketing communications campaign that makes nationalism as it
ads appeals. The campaign is applied with Integrated Marketing Communication
(IMC) strategy and used advertising on conventional media and the internet.
Comprehension and its application on IMC strategy are used as the basis concept
to see the active audience‟s comprehension of nationalism, along with
consumption message on ad‟s campaign. This study used a qualitative approach
with a case study strategy and analyzed with the ideal type technique. The results
indicate that the audience‟s comprehension regarding to nationalism understood
differently, but all of them has a sense of belonging as a form of nationality.]