UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Peran sticker dalam computer mediated communication (cmc) = The role of sticker in computer mediated communication (cmc)

Permatasari Vienadici; Nadia Marita Andayani, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Makalah ini membahas tentang peran sticker dalam computer-mediated communication (CMC). Sticker adalah simbol yang menyerupai ekspresi wajah dan konteks sosial yang ada di dalamnya. Sekarang ini peningkatan jumlah interaksi sosial antar manusia lebih banyak terjadi melalui internet. Dapat diasumsikan secara implisit bahwa CMC dapat menggantikan komunikasi tatap muka atau F2F. Karakter khusus dari CMC adalah kurangnya tanda-tanda nonverbal karena sebagian besar CMC berbasis teks. Karena tidak adanya tanda-tanda nonverbal ini, komunikan mengganti ekspresi emosional yang berhubungan dengan isi pesan dengan tanda nonverbal yang tersedia di dalam CMC, misalnya LINE messenger apps. Banyaknya penggunaan sticker di CMC menyiratkan bahwa pengguna CMC memiliki kebutuhan untuk mengekspresikan emosinya dalam simbol-simbol daripada menggunakan teks. Makalah ini mengindikasikan bahwa faktor sosial, personal, psikologi, dan budaya dapat mempengaruhi penggunaan sticker di LINE.

The present paper examines the role of sticker in computer-mediated communication. Sticker are short symbols that resemble facial displays and the social context behind them. Today an increasing amount of social interaction between people takes place on the internet. It is implicity assumed that CMC can replace face-to-face (F2F) communication. A specific characteristic of CMC is that it is largely text-based which implies that there is a lack of nonverbal cues. When these nonverbal cues are not available, interactants substitute the expession of relational messages into cues available in CMC (e.g., in LINE messenger apps people use sticker to convey their emotion in chatting). Stickers are prevalent in CMC which mplies that CMC users do have a need to express their emotions with short symbols rather than text. This paper indicates that social, personal, psychological, and culture can be the factors contributing the usage of stickers in LINE.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Permatasari Vienadici.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : iv, 16 hlm. : ill. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 11-24-78616106 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20392690
Cover