ABSTRAKPenelitian ini menjelaskan tentang penilaian pemustaka terhadap unsur pemasaran yang
ada di Perpustakaan Freedom Institute. Unsur pemasaran yang dinilai oleh pemustaka
adalah berdasarkan unsur 4C yaitu, Costumer Value, Cost to The Customer,
Communication dan Convenience. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan
metode survei dengan menyebarkan kuesioner. Responden yang berpartisipasi dalam
penelitian ini adalah 100 pemustaka yang datang ke perpustakaan selama masa penelitian.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa, keempat unsur pemasaran yang ada di
Perpustakaan Freedom Institute mendapatkan penilaian baik dari pemustaka.
ABSTRACTThis research describes the user assessment of the marketing elements that exist in the
Library of Freedom Institute. Marketing elements that were rated by the user are based on
the elements that 4C, Customer Value, Cost, Communication and Convenience. This
thesis used a quantitative approach and methods of the survey by distributing
questionnaires. Respondents who participated in the study were 100 who come to the
library during the research period. The results of this study suggest that, the four elements
of marketing at Freedom Institute Library gets good ratings from users.