ABSTRAKInternasionalisasi sebagai strategi untuk merambah pasar internasional telah banyak
digunakan oleh Perusahaan Multinational. Skripsi ini bertujuan untuk mendorong
Perusahaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk memasuki pasar internasional
melalui strategi aktivitas export dan pemodalan modal ventura. Strategi dalam memasuki
pasar internasional tersebut akan dianalisa melalui empat factor pendukung berdasarkan
Dunning’s electic theory, yaitu: besarnya perusahaan, pengalaman internasional, risiko
Negara dan jarak geografis.
Skripsi ini menjelaskan bahwa aktivitas export dan pemodalan modal ventura mempunyai
keunggulan dan kerugian dalam masing-masing strategi bagi Usaha Kecil dan Menengah
(UKM). Setiap factor pendukung memberikan efek positif dan negative dalam
menggunakan kedua trategi tersebut. Konklusi pada skripsi ini menyatakan bahwa
aktivitas export dan pemodalan modal ventura dapat diterapkan kedalam Usaha Kecil dan
Menengah jika mereka memenuhi karakteristik yang berdasarkan empat factor
pendukung (besarnya perusahaan, pengalaman internasional, risiko Negara dan jarak
geografis).
ABSTRACTInternationalization as the strategy that is used by Multinational Enterprises (MNEs) has
been widely used to reach international markets. The literature research in this thesis will
encourage Small and Medium-sized Enterprises (SMEs) in entering international
markets. This research expects that SMEs will use exporting activity and international
joint venture for their entry mode strategy. Furthermore, those entry mode strategies are
expected to be influenced by four factors derived from Dunning’s eclectic theory, such
as: firm size, international experience, country risk and geographical distant.
The literature studies in this research found that exporting activity and international joint
venture have their own advantages and disadvantages to be applied as an entry mode
strategy for SMEs. Each influencing factor gives both positive and negative
consequences in using exporting activity and international joint venture. Therefore, this
research concludes that exporting activity and international joint venture may be fit for
SMEs if they meet the characteristics based on four influencing factors (firm size,
international experience, country risk and geographical distant).