Kurangnya gizi pada anak dan remaja masih menjadi masalah yang mendunia, khususnya vitamin A yang memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan. Indonesia masih termasuk dalam negara dengan penduduk yang memiliki angka kecukupan gizi vitamin A yang kurang. Ini bisa disebabkan selain kondisi ekonomi mereka, tapi juga karena kurangnya pengetahuan mengenai manfaat vitamin A.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi mengenai nutrisi terhadap pengetahuan vitamin A pada sekelompok remaja. Sasaran penelitian ini adalah siswa - siswi di pesantren Tapak Sunan, Condet, Jakarta Timur dengan usia 14-19 tahun. Sebanyak 68 siswa berpartisipasi dalam penelitian ini. Data diperoleh melalui kuesioner yang diisi sebelum dan setelah diberikan edukasi nutrisi. Informasi yang didapat kemudian diuji dengan menggunakan metode Wilcoxon dan McNemar.
Hasil penelitian menunjukan bahwa edukasi nutrisi yang diberikan berpengaruh cukup signifikan dengan nilai post-test. Uji statistik Wilcoxon menunjukan bahwa pemberian edukasi memiliki peran yang signifikan dengan perubahan nilai post-test. Uji statistik McNemar juga menunjukan adanya perubahan nilai yang signifikan sebelum dan setelah pemberian edukasi (p = 0.006).
Kesimpulannya: Edukasi nutrisi yang diberikan cukup efektif dalam meningkatkan pengetahuan remaja tentang vitamin A.
The lack of nutrition amongst children and adolescence is still a worldwide problem, especially vitamin A that plays an important role in process of growth and development. Indonesia is listed as one of the country with low recommended dietary allowance of vitamin A. This can be cause not only by their economic status, but also the lack of knowledge about the benefit of vitamin A. This research is conducted to learn the effect of nutritional education towards the knowledge of vitamin A in a group of adolescent. The research is done to a group of students in pesantren Tapak Sunan, Condet, East Jakarta with age range of 14-19 years. A number of 68 students participated in this research. Data is collected by questionnaire that is given before and after the nutritional education. The information that is obtained was then tested using the Wilcoxon and McNemar method. The result of the research shows that the nutritional education that was given has a significant effect towards the post-test score. Data analysis using Wilcoxon shows that the nutritional education has a significant role in the changes of post-test level of knowledge (p = < 0.001). McNemar data analysis also revealed significant changes before and after the provision of education (p = 0.006). Conclusion: The nutritional education that was given is effective in increasing the knowledge of adolescent about vitamin A.