ABSTRAKOrganisasi enterprise menyadari bahwa kunci sukses untuk mengembangkan proses bisnis yang dapat memberikan kemampuan bersaing adalah dengan mengintegrasikan seluruh proses bisnisnya. Teknologi jaringan komunikasi merupakan salah satu pendukung yang dapat meningkatkan komunikasi antar pegawai, nasabah, pemasok; meningkatkan produktivitas dan efisiensi; serta meningkatkan kepuasan nasabah. Efektifitas penggunaan teknologi jaringan komunikasi tergantung kepada unjuk kerja dan kemampuan akses jaringan tersebut. Suatu organisasi enterprise memerlukan solusi akses yang fleksibel dan memiliki kemampuan untuk mengadopsi teknologi dan aplikasi dalam cakupan yang luas.
Sebagai suatu organisasi enterprise, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) telah mengintegrasikan unit bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi jaringan komunikasi. Namun dalam penggunaan jaringan tersebut dalam proses bisnis sehari-hari, ditemukan berbagai masalah.
Melalui tesis ini penulis mencoba untuk memberikan solusi desain alternatif untuk meningkatkan etektifitas jaringan komunikasi di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero). Desain difokuskan pada pemecahan masalah trafik dan keamanan dengan mengoptimalisasikan penggunaan router. Dua fitur router yang digunakan dalam desain adalah Quality of Service (QoS) and Access Control List (ACL). Dengan menggunakan Priority Queuing dari Qos, kita dapat mengkonfigurasikan router untuk memberlakukan paket-paket dalam tingkatan prioritas yang berbeda. ACL memberikan pengamanan jaringan dengan memproteksi akses data oleh pengguna yang tidak berwenang.
ABSTRACTMost organizations, that want to streamline operations and reduce costs while gaining the competitive advantages, are recognizing that success relies on the integration of processes in their everyday business. Communication technology is one of the key support to improve communications between employees, customers, and suppliers; increase productivity and efficiency, and enhance customer satisfaction to make businesses more competitive. The effectiveness of communication technology solutions depends on the performance and capabilities of the access solution. Enterprise need a flexible and affordable access solution that supports a full range of technologies and applications.
As an enterprise organization, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) integrate all it's business proccess using network communication technology. During the use of the network in daily business activity, some problems arise, such as trafic and security problems.
Through this thesis, the autor tries to provide alternatif design solusions to gain the efectiveness of the network communication, in PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero). The design is focused in solving the traffic and security problems, by optimalizing the use of network router. Two router's features that is configured in the design are Quality of Service (QoS) and Access Control List (ACL). By using QoS's Priority Queuing methodology, we can configure the router to dispatch packets at different prioroties, based on a flexible criteria scheme. ACL provides protection by preventing unauthorized users from accessing confidential corporate data.