UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Efektivitas Problem Solving Skills Training (PSST) dalam Mengatasi Perilaku Mencuri pada Remaja Conduct Disorder = An Efectiveness of Problem Solving Skills Training for Dicreasing Stealing Behavior on Adolescent with Conduct Disorder

Ade Dian Komala; Winarini Wilman D. Mansoer, supervisor; Fenny Hartiani, supervisor; Tambunan, Siti Marliah, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

ABSTRAK
Penanganan dengan menggunakan Problem Solving Skills Training (PSST) dalam tesis ini diberikan pada remaja conduct disorder yang seringkali menunjukkan perilaku mencuri. Dalam PSST ini nantinya anak akan diajarkan berbagai metode atau cara untuk berespon secara tepat ketika dihadapkan pada berbagai situasi sosial dengan cara merubah pola atau cara berpikir mereka yang kemudian dapat menyebabkan perubahan pada tingkah lakunya. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah dan membantunya untuk berespon secara lebih adaptif pada situasi-situasi yang bermasalah. Pelaksanaan treatment ini dilakukan dalam 6 sesi pertemuan dengan durasi 45-60 menit. Hasil dari treatment ini adalah anak mampu mengaplikasikan tahapan pemecahan masalah dalam tingkah laku mencurinya, dimana ia menganggap bahwa mencuri adalah hal yang tidak baik dan merugikan orang lain selain juga memiliki konsekuensi yang tidak menyenangkan, mengetahui bahwa terdapat alternatif solusi lain yang dapat digunakan selain mencuri untuk mewujudkan keinginannya sehingga kemudian keinginannya untuk mencuri serta frekuensi kemunculan dari perilaku mencuri tersebut kemudian berkurang.

ABSTRAK
Problem Solving Skills Training (PSST) in this theses is applied to adolescent with conduct disorder who actually show stealing behavior. In this treatment, the child will be teach some methods to response adaptively in many social situation. The therapist help the child to change their way of think that can make a change of their behavior. The general goal of this treatment is to improve the childs ability to show appropriate an adaptively behavior. This treatment is conducted in 6 intervention, with the duration of each session is 45-60 minutes. The result of this treatment is that the child considering that stealing is not good and have a bad effect in him, he can make another solution who have a better one to gain his wishes without stealing and his wanting to steal decrease as well as his stealing behavior.

 File Digital: 1

Shelf
 T38299-Ade Dian Komala.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T38299
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2010
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 61 pages ; 30 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T38299 15-25-44875389 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20370216
Cover