UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis Instrumen Ujian Akhir Sekolah Mata Pelajaran PPKn Tahun Pelajaran 2007/2008 Madrasah Aliyah se-Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi

Siti Marwiyah; Bahrul Hayat, supervisor; Siregar, Nugaan Yulia Wardhani, examiner; Matindas, Budi, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Penelitian ini menggunakan hasil tes UAS MA TP. 2007/2008. Tes terdiri dari 40 item. Respon terhadap tes dianalisis secara kuantitatif. Sebanyak 502 orang peserta tes dijadikan objek penelitian. Analisis terhadap data dilakukan dengan menggunakan software Iteman, Bigsteps dan Bilog-Mg 2PL. Data dikelompokkan berdasarkan asal sekolah. Kelompok pertama siswa yang berasal dari Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta, kedua siswa yang berasal dari sekolah Negeri dan ketiga berasal dari siswa sekolah Swasta. Jadi secara keseluruhan ada 9 kali menjalankan program karena setiap kelompok data dianalisis dengan 3 software.
Pendekatan teori tes klasik dalam hal ini menggunakan program Iteman pada data seluruh responden, baik dari sekolah Negeri maupun sekolah Swasta, dapat diketahui bahwa instrumen yang dalam hal ini adalah soal-soal PPKn yang digunakan pada ujian akhir sekolah di kabupaten Tanjung Jabung Barat telah cukup baik dengan Mean P atau rata-rata tingkat kesukaran "sedang", Mean Item- Total atau rata-rata daya pembeda soal "baik" yang berarti telah dapat membedakan antara siswa yang berkemampuan rendah dan berkemampuan tinggi.
Secara umum, jika dilihat dari Teori Tes Klasik (Classical Test Theory) PPkn yang diberikan pada sekolah Negeri lebih dapat membedakan "kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa yang kurang pandai" dibandingkan dengan siswa sekolah Swasta. Demikian juga hal nya jika dilihat dari Teori Tes Modern (Item Response Theory).
This research is using UAS MA test results TP 2007/2008. Test is composed of 40 items. Respond towards test were analyzed quantitatively. Number of 502 test participants are taking as research object. Analysis towards data conducted by using Iteman, Bigsteps, and Bilog-Mg 2PL Softwares. Data are grouped based on school's origin. First group, students are derived from Madrasah Aliyah public or state, second students which derived from state school and third is from private school. And 9 times to run the program since each of data group analyzed by 3 softwares.
Classical test theory approach is using Iteman program in this case on thorough respondent's data either state school or private, it is found that instrument applied here is PPKn question which used on Final Examination at Tanjung Jabung Barat Municipality had reached mean P good enough or average of "medium " difficulty level, Mean Item Tot or the average of "good" differentiate which means it has distinguish among students who posses low or high capability.
Generally, if PPKn Classical Test Theory provided to state school would be more distinguishing "intelligent students groups with unlucky students" compares to private's students. So as happened to Modern Test Theory.

 File Digital: 1

Shelf
 T38281-Siti Marwiyah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T38281
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 64 pages ; 30 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Univeristas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T38281 15-25-27573522 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20370166
Cover