Pendahuluan: pelaksanaan pendidikan kesehatan penting dilaksanakan rumah sakit.
Tujuan: mengetahui faktor-faktor yang hubungan dengan pelaksanaan pendidikan kesehatan di rumah sakit.
Desain: deskriptif analitik terhadap 81 perawat pelaksana, dipilih dengan cosecutive sampling. Pengukuran faktor yang mempengaruhi pendidikan kesehatan menggunakan kuesioner ( Cronbach= 0,953; 0,870).
Hasil: Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan kesehatan yang baik di antaranya persiapan, lingkungan dan sumber daya, serta sikap pasien (p=0,008; p=0,004; p= 0,023). Faktor yang paling dominan berpengaruh yaitu persiapan pendidikan kesehatan (p=0,013; OR=3,87).
Kesimpulan: Persiapan pelaksanaan pendidikan kesehatan meningkatkan perawat pelaksana untuk melaksanakan pendidikan kesehatan dengan baik sebesar 3, 87 kali lebih tinggi dibanding pendidikan kesehatan yang tidak dipersiapakan dengan baik.
Rekomendasi: Meningkatkan pemahaman perawat akan perannya dalam melaksanakan pendidikan kesehatan, dengan melakukan persiapan dan menggunakan sumber daya yang ada.
Introduction: the implementation of health education at hospital is important. Objective: determine the factors most related to implementation of health education at hospital. Design: descriptive cross sectional analytic to 81 nurses, chosen by cosecutive sampling. Measurement of factors that affect the implementation of health education using questionnaires. Results: Factors that influence health education is going well including preparation, environment and resources, and patient’s attitudes (p=0,008; p=0,004; p= 0,023). Among the three factors that affect the implementation of health education, found that the most dominant factor is preparation to implementation of health education (p=0,013; OR=3,87). Conclusion: preparation to implementation of health education would give 3, 87 times greater chance for nurses to conduct health education are well compared with preparation are not do well. Recommendation: Increase the understanding of its role and nurse will carry out health education, the preparation and use of available resources.