UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis determinan pelaksanaan pendidikan kesehatan di rumah sakit = Determinants of health education at hospital

Nelly Febriani; Hanny Handiyani, supervisor; Agustin Indracahyani, examiner; Ade Suryani, examiner; Kuntarti, examiner; Agustin Indracahyani, examiner; Sukihananto, examiner; Eva Trisna, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Pendahuluan: pelaksanaan pendidikan kesehatan penting dilaksanakan rumah sakit.
Tujuan: mengetahui faktor-faktor yang hubungan dengan pelaksanaan pendidikan kesehatan di rumah sakit.
Desain: deskriptif analitik terhadap 81 perawat pelaksana, dipilih dengan cosecutive sampling. Pengukuran faktor yang mempengaruhi pendidikan kesehatan menggunakan kuesioner ( Cronbach= 0,953; 0,870).
Hasil: Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan kesehatan yang baik di antaranya persiapan, lingkungan dan sumber daya, serta sikap pasien (p=0,008; p=0,004; p= 0,023). Faktor yang paling dominan berpengaruh yaitu persiapan pendidikan kesehatan (p=0,013; OR=3,87).
Kesimpulan: Persiapan pelaksanaan pendidikan kesehatan meningkatkan perawat pelaksana untuk melaksanakan pendidikan kesehatan dengan baik sebesar 3, 87 kali lebih tinggi dibanding pendidikan kesehatan yang tidak dipersiapakan dengan baik.
Rekomendasi: Meningkatkan pemahaman perawat akan perannya dalam melaksanakan pendidikan kesehatan, dengan melakukan persiapan dan menggunakan sumber daya yang ada.

Introduction: the implementation of health education at hospital is important.
Objective: determine the factors most related to implementation of health education at hospital.
Design: descriptive cross sectional analytic to 81 nurses, chosen by cosecutive sampling. Measurement of factors that affect the implementation of health education using questionnaires.
Results: Factors that influence health education is going well including preparation, environment and resources, and patient’s attitudes (p=0,008; p=0,004; p= 0,023). Among the three factors that affect the implementation of health education, found that the most dominant factor is preparation to implementation of health education (p=0,013; OR=3,87).
Conclusion: preparation to implementation of health education would give 3, 87 times greater chance for nurses to conduct health education are well compared with preparation are not do well.
Recommendation: Increase the understanding of its role and nurse will carry out health education, the preparation and use of available resources.

 File Digital: 1

Shelf
 T35501-Nelly Febriani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T35501
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 108 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T35501 15-25-04381077 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350621
Cover