ABSTRAKKarakteristik dinamik struktur yang berupa periode getar dan pola ragam getar
suatu struktur eksisting dapat diperoleh melalui pengolahan data monitoring
vibrasi struktur tersebut.
Pada penelitian ini, monitoring vibrasi dilakukan dengan menggunakan 5 buah
triaxial accelerometer yang diletakkan dengan beberapa pola pada lantai
jembatan. Dengan menggunakan Transformasi Fourier didapat respons struktur
dalam domain frekuensi. Dari respons spektrum ini kemudian didapat periode
getar dan pola ragam getar alami struktur. Hasil pengujian ini kemudian
dibandingkan dengan hasil analisa dari pemodelan struktur yang dilakukan
dengan program MIDAS.
Dari penelitian ini berhasil dilakukan modal extraction terhadap lima mode
pertama jembatan. Periode getar hasil eksperimen menunjukkan hasil yang identik
dengan hasil pemodelan dimana rata-rata error adalah sebebsar 12.364%. Pola
ragam getar yang diperoleh dari hasil eksperimen cukup identik pula dengan hasil
pemodelan. Dengan menggunakan metode Half Power Bandwidth didapat pula
redaman struktur yang berkisar antara 1.757 – 5.13%.
ABSTRACTDynamic characteristics of structure which consist of natural period of vibration
and mode shape of an existing structure can be obtained from analysis of vibration
monitoring data of the structure.
In this research, an experimental vibration monitoring field investigation is
presented. The experimental procedure involves instrumenting 5 triaxial
accelerometer that located on bridge deck in a few layout arrangements. By
implementing Fourier Transform structure response in frequency domain is
obtained. From this response spectrum natural period of vibration and mode shape
of structure can be extracted. Finite element model of the bridge using MIDAS
software is validated against experimental results.
Result shows that from experimental, modal extraction of 5 first mode of the
bridge has been accomplished. Natural period based on experimental result shows
identical result compared to the modelling results with average error of 12.364%.
Mode shape based on experimental result and modelling result are also identical.
By implementing Half Power Bandwidth method damping ratio of bridge is
ranging from 1.757% to 5.13%.