ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi pemuda mengenai lingkungan jasa (servicescape dan human service), kualitas makanan, harga, kepuasan dan loyalitas pemuda. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan persepsi dan menganalisis hal-hal yang menyebabkan perbedaan persepsi pada variabel servicescape, human service, kualitas makanan, harga, kepuasan dan loyalitas pada 3 (tiga) jenis restoran yaitu fine dining, food court dan fast food. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan tes non-parametrik dengan metode uji Kruskal-Wallis. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan hasil rata-rata skor persepsi terhadap kondisi keenam variabel tersebut pada 3 (tiga) restoran yang berbeda, di mana fine dining selalu memiliki skor yang lebih tinggi.
ABSTRACTThis study aims to look at the perception of service environment (servicescape and human service), food quality, price, youth satisfaction and loyalty. The purpose of this study was to determine differences in perceptions and analyze the things that lead to different perceptions variables of servicescape , human service, food quality, price, youth satisfaction and loyalty in 3 (three) types of the restaurants, for example fine dining restaurants, food courts and fast food. In this study the researchers used a non-parametric test with Kruskal-Wallis test method. The results of this study are significant differences about the average score of perception of the condition of the six variables in the 3 (three) different types of restaurants, where fine dining has always had a higher score.