Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah
memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses
pembelajaran. Dalam tugas akhir ini diselidiki variabel yang mempengaruhi
tingkat perkembangan TIK pada Sekolah Menengah Atas dan Sederajat di
Bekasi. Untuk memperoleh variabel tingkat perkembangan TIK, dilakukan
analisis two step cluster berdasarkan 2 variabel, yaitu kualitas guru dan
sarana prasarana TIK. Lalu, analisis regresi logistik biner dilakukan untuk
mengetahui variabel yang mempengaruhi tingkat perkembangan TIK pada
Sekolah Menengah Atas dan Sederajat di Bekasi. Diperoleh variabel yang
mempengaruhi tingkat perkembangan TIK adalah jumlah komputer dan
jumlah printer dan atau scanner. Setelah itu, dengan menggunakan Sistem
Informasi Geografis (SIG), diperoleh gambaran penyebaran variabel jumlah
komputer dan jumlah printer dan atau scanner pada Sekolah Menengah Atas
dan Sederajat di tiap kecamatan di Bekasi.